Sosial media telah menjadi bagaian yang tak terpisahkan dari strategi marketing hampir di setiap bisnis. Namun, untuk marketer B2B pengukuran ROI social sangat sulit dipahami. CMO sangat menyadari bahwa peers C-suite ingin mengetahui dampak social terhadap bisnis, dan bagaimana kontribusi mereka untuk tujuan bisnis yang lebih luas dari organisasi secara keseluruhan. Marketer B2B diharapkan mampu menunjukan nilai social untuk bisnis, lebih sering lagi daripada tidak melawan terhadap persaingan yang ketat dari saluaran marketing lainnya.

Itulah sebabnya mengapa B2B sangat penting bagi para marketer untuk dapat secara akurat mengukur keberhasilan dari kampanye social mereka. Mereka juga harus mendukung klaim mereka dengan data yang pasti, dan melindungi bagian mereka dari anggaran marketing dalam jangka panjang. Pertanyaannya adalah :

  • Bagaimana Anda mengukur dan mengumpulkan data tentang konsep yang tidak berwujud?
  • Bagaimana Anda menemukan alat-alat yang benar-benar tepat untuk bisnis Anda?

Untuk membantu dan mengarahkan Anda sepanjang perjalanan, kami akan melihat  beberapa metric social yang paling penting untuk marketer B2B Anda.

Mengukur Social Media ROI

Kita mulai dengan gambaran mengapa mengukur ROI dari social media merupakan elemen utama dalam kampanye apapun, meskipun  ada banyak kesulitan yang hadir. Ketika saya mengakui bahwa salah satu rekan saya, dia mengetakan  bahwa tidak ada sumber yang lebih baik mengenai topik ini dibandingkan Olivier Blanchard, penulis buku terlaris Social Media ROI. Dia menjelaskan bahwa kemampuan untuk menempatkan nilai dolar terhadap hasil yang signifikan untuk bisnis.

Investasi, keuntungan dan return  harus diukur dalam mata uang yang sama untuk satuan ukuran dari investasi, keuntungan dan return dimana persamaan ROI akan berfungsi. Sementara hasil dari keuangan dapat memenuhi syarat sebagai keuntungan yang tepat. Dengan kata lain, hasil keuntungan adalah puncak dari investasi apapun.

Sementara biaya yang lebih mudah dihitung , keuntungan  dan return dari marketing social media tidak begitu mudah diukur. Dimana memahami data seperti page view, download, dan email sign up, serta semua hal-hal yang hasilnya non financial akan membantu untuk dapat menjelaskan tentang perubahan perilaku manusia. Menurut  Blanchard bahwa membantu mendefinisikan ROI social media dengan mempengaruhi konversi.

Semua ini hasil dari non financial yang harus diukur terhadap tujuan yang mendukung tujuan yang  lebih luas dari sebuah bisnis, untuk memberikan konteks pada ROI social.

Menguasai Metrik Sosial

Konversi

Konversi sangat penting karena mereka berhubungan langsung dengan lead dan peluang konten Anda, serta memberikan upaya social. Anda harus mencari  berapa jumlah peluang yang tercipta per channel, jumlah MQLs yang ditargetkan (marketing, kualifikasi lead) dan jumlah SQL yang ditargetkan untuk penjualan kualifikasi lead, serta saluran ini menyampaikan sejumlah penawaran tertutup sebagai  hasil dari peluang tersebut.

Bantuan konversi

Tidak kalah pentingnya bahwa memperhitungkan konversi multi touch, dapat didefinisikan sebagai bantuan konversi” di CRM Anda. Sebuah prospek mungkin akan datang melalui lead Facebook atau langsung dari website Anda. Tetapi mungkin tidak benar-benar dapat mengubah sampai beberapa minggu kemudian. Jika Anda tidak melacak orang-orang yang multi touch, Anda tidak akan mengetahui nilai sebenarnya dari social yang memberikan peran dalam memainkan inisiatif lead generation Anda.

Lead

Dalam lead, hal itu sangat mungkin untuk Anda dapat mendistribusikan ratusan news link di seluruh saluran social Anda setiap harinya. Ini menjadi penting bahwa Anda menjadi strategi tentang konten apa yang Anda bagikan.  Dimana dan bagaimana Anda dapat berbagi tentang hal tersebut, serta  dapat mengukur dampak dari distribusi dengan cara analisis website Anda. Data yang Anda kumpulkan dan grafik dapat memberitahukan Anda informasi yang berharga mengenai saluran tempat kerja dan ketika mereka bekerja. Menambahkan kode UTM ke link Anda dapat menyediakan tools analisis dengan informasi lebih lanjut yang akan dapat meningkatkan upaya pemantauan social media Anda, dan menghemat banyak waktu dalam proses. Orang-orang di Buffer melakukan pekerjaan yang besar untuk meletakan bagaimana UTMS bekerja. Jadi, pastikan pop Anda disana dapat mempelajari lebih lanjut tentang hal ini.

Shares

Menurut pendapat saya, shares lebih penting dari pada keterlibatan. Dan itulah mengapa keterlibatan muncul dalam hal ini. Orang-orang tidak selalu terlibat dengan konten, tetepi mereka berbagi tanda dengan relevansi terhadap konten dan metric yang peting bagi Anda dalam hal strategi konten secara keseluruhan.

Keterlibatan

Keterlibatan, interaksi, feedback, atau komentar. Komunikasi dua arah adalah konfirmasi bahwa Anda memberikan konten komunikasi Anda untuk menstimulasi reaksi. Jika Anda tidak memiliki keterlibatan, Anda tidak akan membangun komunikasi yang tepat, atau Anda tidak memberikan mereka konten yang menarik untuk dibagikan oleh mereka. Anda tidak akan mengetahui apa yang mungkin bekerja, jika Anda tidak memiliki ide mengenai tingkat keterlibatan aktivitas social Anda.

Perkembangan Followers

Perkembangan followers secara jelas untuk metric sangat penting, dan merupakan salah satu yang mudah untuk mengukurnya. Tetapi mengapa harus saya yang meletakannya terakhir? Hal itu karena tidak semuanya signifikan. Misalnya, beberapa merek account  sangat besar memiliki banyak followers, tetapi tidak ada keterlibatan. Tidak ada keterlibatan bukanlah hasil yang besar dari semua usaha social Anda. Ketika followers Anda berkembang, Anda akan ingin memeriksa  relevansi followers Anda. Hal ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan secara teratur. Berikan saya basis followers kecil yang ditargetkan, untuk pelanggan yang tertarik dan prospek setiap harinya selama masa yang ditargetkan, yang terputus pada followers yang tertarik. Dan situlah ada nilai, hubungan dan peluang.

Memperoleh vs berbayar vs dimiliki

Biaya social media datang dengan berbagai bentuk, seperti berbayar, memperoleh, memiliki. Jika And tidak yakin dengan perbedaan kemudian Anda membaca artikel ini dari pesaing  saya, Eric Vidal dalam cakupan marketing.

Hal ini penting bahwa metric apapun yang Anda  ukur, mereka akan membaginya menjadi organic vs berbayar dan dinilai secara terpisah. Hanya dengan cara itu Anda dapat benar-benar memutuskan apa yang berhasil dan apa yang tidak dan menjawab strategi sukses Anda.

Dimana tempat untuk menambang data

Sebagian besar jaringan social media  merupakan kunci utama dalam metric yang dibangun untuk  bisnis. Fantastis Kristi Hines telah menulis sebuah gambaran yang hebat di blog Sprout Social untuk platform social. Bagaimana untuk menavigasi melalui metric yang ditawarkan oleh masing-masing. Jika Anda sedang mencari tools dengan jangkauan yang lebih luas, maka lihatlah kompilasi baru-baru ini dari Brandwatch.

Sementara itu, tidak mengabaikan google Anlisis serta tools yang paling banyak digunakan. Google harus merilis apa yang mereka gambarkan sebagai aliran baru dari wawasan otomatis untuk versi aplikasi mobile mereka. Menurut Google, fungsi baru ini menggunakan machine intelligence untuk menyisir data Anda, agar memberikan wawasan yang penting. Seperti halnya AI, bahwa tools akan mendapatkan smart time dari waktu ke waktu untuk bereaksi terhadap tanggapan Anda dan bagaimana Anda menggunakannya. Saya menyukai semua hal yang berhubungan dengan Al dan hal itu tidak menarik untuk dapat melihat perkembangannya. Ini terlihat seperti satu tools pendaftaran untuk menambahkan dan memonitoring social.

Apakah bisnis Anda besar atau kecil, hal itu jelas bahwa pengukuran social media adalah sesuatu yang misterius untuk bisnis B2B. Tetapi, hal itu tidak perlu! Dengan aktivitas monitor, lead dan konversi dalam proses membuktikan kampanye marketer B2B dapat merujuk pada rekan-rekan eksekutif senior mereka bahwa social media marketing tidak digunakan lagi. Ini merupakan bagian penting dari strategi bisnis secara keseluruhan.

Sumber:http://curatti.stfi.re/6-metrics-roi/?sf=pvopzvy&utm_content=bufferce577&utm_medium=social&utm_source=twitter.com&utm_campaign=buffer#ab

6 Metrik Utama Untuk Mengukur B2B Sosial Media ROI
Ditag pada:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: