Anda mengetahui bahwa pemasaran influencer merupakan cara yang efektif untuk membangun kesadaran merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan konversi.

Tapi apakah Anda tahu bahwa influencer merupakan cara yang ampuh untuk mempromosikan produk baru? Sebuah survei yang dilakukan Nielsen menemukan bahwa 83% konsumen percaya rekomendari dari orang-orang yang mengenal mereka daripada dari iklan. Sangat jelas, bahwa influencer harus dimasukan kedalam rencana peluncuran produk pemasaran Anda.

Berikut adalah 5 cara untuk berhasil mempromosikan peluncuran produk Anda dengan pemasaran influencer:

  1. Memberi Influencer Akses Awal Untuk Review Produk

pemasaran influencer adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesadaran, kesenangan, membangun basis penggemar, dan mengembangkan minat pada produk Anda.

Sangat penting bahwa Anda perlu meluangkan waktu utuk menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan pemasaran dan peluncuran produk Anda. Kemudian memberikan mereka influencer akses awal untuk produk baru atau jasa sebelum peluncuran, dan meminta mereka untuk membantu Anda menyebarkan berita serta menciptakan buzz.

Influencer memiliki kemampuan untuk menambahkan kepercayaan dan kredibilitas serta reputasi Anda, terutama ketika Anda meluncurkan produk baru. Ketika Anda bekerjasama dengan influencer yang tepat, maka mereka dapat membantu Anda menciptakan hubungan yang kuat dengan target pelanggan Anda.

Imbalan untuk akses awal, anda mendapatkan influencer untuk membuat sebuah video unboxing, menulis review produk, atau berbagi umpan balik kepada mereka mengenai produk Anda dengan beberapa cara lain.

Rekomendasi dari sumber terpercaya menjadi strategi pemasaran yang sukses. Influencer memiliki ribuan, bahkan jutaan followers setia yang mempercayai pendapat dan dukungan mereka. Jadi rekomendasi dari influencer di niche Anda adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk baru Anda ke audiens Anda secara relevan.

Sebelum merilis iPhone 7, Apple mengirimkan prototipe untuk melengkapi influencer YouTube seperti Unbox Therapy, yang memiliki lebih dari 6,8 juta pelanggan. Video unboxing saluran perangkat ini menerima lebih dari 7 juta views sebelum peluncuran produk.

  1. Apakah Influencer Berbagi Pengalaman Unik mereka

Agar produk baru Anda sukses Anda perlu membuat kesan pertama yang kuat, dan hubungan dengan target konsumen Anda secara tulus. Beberapa pemasaran yang efektif dan berpengaruh serta dapat dilakukan secara jujur, nyata dan otentik.

Memiliki influencer berbagi pengalaman unik kepada mereka dengan produk dan followers mereka. Memungkinkan mereka untuk melakukan gaya dan suara mereka sendiri. Influencer mengetahui apa jenis konten yang paling diminati oleh audiens mereka. Jadi biarkan mereka untuk melakukan apa yang mereka lakukan itu baik.

Mengirimkan mereka produk Anda, dan meminta mereka untuk membagikan secara jujur, pengalaman yang otentik kepada mereka. Jika Anda memiliki pesan khusus yang ingin Anda sampaikan kepada mereka untuk mengkomunikasikan seperti, detail produk, tanggal peluncuran, harga, dll, pastikan untuk membiarkan mereka mengetahuinya. Kemudian memberikan mereka kebebasan berkreasi untuk berbagi reaksi kepada mereka dengan produk Anda serta audiens mereka dengan cara mereka sendiri.

Kelas dunia pesepak bola, Cristiano Ronaldo memiliki salah satu akun Instagram paling populer, dengan 84.400.000 followers. Dia sering menggunakan platform untuk berbagi gambar yang menakjubkan serta pengalaman pribadinya dengan produk yang dapat mempromosikan mereka dengan cara yang menarik, relevan dan dapat diakses.

Baru-baru ini, dia berbagi foto dirinya menggunakan Sixpad. Dalam keterangannya, dia mengatakan kepada followers bahwa dia membawa peralatan pelatihan ke Jepang bersamanya karena hal itu dapat membatu dia untuk melakukannya dengan baik. Seperti yang Anda lihat di bawah ini, postingan ini mendapatkan labih dari  441K suka, dan 5.200 komentar dalam dua hari pertama.

  1. Apakah mereka Membuat Konten untuk Peluncuran Produk

Banyak influencer yang kreatif dan mereka sudah mengetahui bagaimana membuat konten yang dapat melibatkan audiens mereka. Mengambil keuntungan dari pengalaman mereka, dan memanfaatkan kekuatan dari kreatifitas mereka untuk menciptakan konten peluncuran produk Anda.

MDG Iklan melaporkan bahwa 70% dari pengguna internet lebih memilih untuk mempelajari produk melalui konten bukan melalui iklan tradisional. Bekerjasama dengan influencer untuk membuat video yang dapat menjelaskan, gambar produk, posting blog informatif, atau jenis lain dari konten Anda untuk dapat memastikan bahwa peluncuran produk Anda sukses.

College Inn baru-baru ini bekerjasama dengan ChefsFeed untuk mempromosikan salah satu produk mereka. Makanan dan masakan pada saluran youtube dan membuat video untuk mempromosikannya dengan 4 tips dalam menggunakan produk.

  1. Kontes, Giveaways, dan Kode Promo

Memberikan barang dengan cara terbaik dapat menarik palanggan baru. Bagi sebagian orang, review video, pengalaman pribadi, atau posting blog dari influencer favorit mereka mengenai produk baru Anda, mungkin tidak akan cukup untuk meyakinkan mereka untuk membelinya. Apakah influencer mempromosikan kontes, giveaway, atau kode promo untuk mendorong followers mereka melakukan pembelian.

Menciptakan kesan mendesak dengan meminta influencer menyebutkan kode diskon yang berlaku hanya dalam waktu terbatas. Untuk hadian dan kontes, pastikan influencer menyebutkan batas waktu untuk partisipasinya.

Daniel Wellington, pembuat jam, berhasil menggunakan pemasaran influencer untuk menumbuhkan merek dari  $ 15.000 startup menjadi bisnis berkembang senilai $ 220 juta. Dia bekarjasama dengan influencer instagram, yang akan memposting gambar jam tangannya bersamaan dengan kode diskon 15% off pada produknya.

  1. Email Marketing

Anda mengetahui bahwa email marketing dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkonversi audiens menjadi pelanggan. Tetapi banyak merek yang mengabaikan potensi influencer untuk meningkatkan usaha email marketing mereka, terutama dalam mempromosikan produk baru.

Influencer telah membangun sebuah hubungan yang kuat dengan followers mereka, dengan siapa mereka berkomunikasi secara teratur. Banyak diantara mereka telah membuat daftar email yang besar. Ketika Anda bekerjasama dengan influencer yang relevan dengan niche Anda, daftar email mereka kemungkinan besar akan penuh dengan target palanggan Anda. Jadi mengapa tidak meminta mereka untuk mempromosikan peluncuran produk baru Anda melalui email?

Tetapi, jangan mengirimkan influencer template email yang sama dengan merek Anda untuk digunakan dalam mempromosikan peluncuran produk Anda, dan meminta mereka untuk mengirimkan ke pelanggan mereka. Pastikan semua konten email sesuai untuk audiens pada setiap influencer. Hal ini harus disesuaikan dengan konten email mereka seperti biasanya dalam gaya, nada, dan panjang.

Sebagian besar dari newsletter email mereka,  Anda dapat meminta influencer dan link pada page landing dalam peruncuran produk Anda, atau konten lain yang berkaitan dengan peluncuran, seperti video unboxing video yang menjelaskan, atau posting blog. Jangan lupa untuk menyertakan ajakan untuk bertindak.

Untuk memastikan hal ini sukses dalam mempromosikan produk baru Anda,  maka pastikan bahwa influencer dan produk sesuai. Misalnya A hiker mempromosikan kantong tidur hangat untuk menjelajah gunung itu lebih tepat dari pata hiker mempromosikan raket tenis.

Kesimpulan

Sekarang Anda mengetahui beberapa cara untuk mempromosikan peluncuran produk Anda dengan pemasaran influencer. Jangan lupa untuk mengukur jangkauan, keterlibatan, dan konversi yang dapat mendorong masing-masing influencer Anda untuk dapat menyesuaikan promosi yang cepat  untuk efektivitas yang maksimal dan ROI.

Apakah Anda menggunakan salah satu influencer strategi pemasaran diatas?  Apakah Anda mempunyai ide lebih untuk memanfaatkan kekuatan influencer dalam mempromosikan produk baru? Silahkan berbagi cerita dan komentar Anda dibawah ini. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengintegrasikan influencer ke dalam rencana pemasaran peluncuran produk Anda, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Sumber:

5 Ways to Promote a Product Launch with Influencer Marketing

5 Cara Mempromosikan Peluncuran Produk dengan Pemasaran Influencer
Ditag pada:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: