Memiliki strategi marketing merupakan kunci untuk startup Anda atau bisnis agar dapat mencapai target audiens Anda. Menemukan pengguna yang tepat atau pelanggan untuk startup Anda tidak boleh dilakukan secara acak. Anda harus menentukan strategi marketing startup Anda karena dengan mengetahui saluran marketing yang digunakan untuk target Anda maka akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan startup Anda.

Tetapi, bagaimana menentukan strategi marketing?

Saluran marketing yang harus Anda gunakan? Saya akan membantu Anda dalam menentukan strategi marketing startup Anda dengan memberikan Anda strategi marketing yang minimum, yang saya pikir bahwa setiap startup harus memiliki 11 langkah ini.

# 1 Menentukan target Anda

Saya menyarankan Anda untuk menentukan strategi marketing Anda sebelum memulainya. Hal ini tidak harus menjadi rencana marketing jangka panjang tetapi Anda harus mengetahui beberapa elemen penting.

Cobalah untuk membuat profil dari pengguna Anda. Siapa yang akan menjadi pelanggan Anda? Berapa usia mereka? Apa jenis kelamin mereka? Hobi? Lokasi? Tingkah laku? Anda harus mengetahui hal ini akan menentukan posisi market startup Anda untuk dapat memandu merek startup Anda dan mengatur nada pesan Anda.

Untuk menciptakan pembeli Anda, ada 20 pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri ketika mendefinisikan marketing Anda.

“Startup saya tidak memilikin target, semua orang bisa mengunakan produk kami”

Ini adalah sesuatu yang sering saya dengar. Tetapi, Anda tidak perlu berpikir dengan cara ini.  Facebook memiliki 1,7 miliar pengguna aktif. Jika, kita bisa mengatakan bahwa target mereka adalah semua orang. Apakah mereka memulainya seperti ini? Pada awalnya target mereka adalah mahasiswa Harvard. Kemudian mereka mengubah skala untuk universitas lain, guru, maka target mereka akan berkembang tetapi mereka memulainya dari yang kecil. Target Anda harus cukup akurat dan Anda harus siap untuk kasus perubahan target Anda.

Dengan mendefinisikan target, Anda akan memposisikan diri Anda sesuai dengan pesaing Anda.

# 2 Mempelajari market dan pesaingan Anda

Pertanyaan lain yang sering saya dengar dan ini adalah masalah jika Anda berpikir bahwa startup Anda selalu memiliki pesaing, dan jika Anda tidak melakukkanya maka Anda harus mengkhawatirkanya. Tidak memiliki pesaing akan membuktikan bahwa Anda tidak mengetahui market Anda atau Anda tidak memiliki market.

Jika ada persaingan, itu berarti ada market. Tidak sendirian memiliki ide yang dapat mengganggu market biasanya pertanda baik. Menjadi satu-satunya market tidak baik untuk keberhasilan startup Anda. Anda harus memiliki pesaing yang memungkinkan market menjadi lebih popular dan memberikan visibilitas ke market dan startup Anda.

Mengetahui pesaing Anda merupakan pertanda yang baik bagi investor. Jika startup Anda mencari untuk mendapatkan dana, jangan memberitahu investor potensial bahwa Anda tidak memiliki kompetisi. Sangat penting untuk menunjukan bahwa Anda telah mengidentifikasi semua pemain di market Anda. Dan mengatakan kepada investor yang telah diidentifikasi tidak ada pesaing yang mengatakan: Tidak ada yang mengetahui tentang market ini dan tidak ada startup atau bisnis yang ingin memasukkannya. Kemungkinan besar, investor tidak akan percaya kepada Anda atau tidak akan tertarik.

Anda harus mendapatkan keuntungan dari pesaing dengan belajar apa yang berhasil dan tidak berhasil, serta mendapatkan inspirasi dari mereka atau memulai dengan kerjasama strategis.

# 3 Gunakan jaringan Anda

Sangat penting untuk memberitahukan teman-teman atau keluarga Anda terhadap apa yang Anda lakukan. Cobalah untuk menemukan orang-orang yang cocok dengan target Anda. Menjelaskan kepada mereka dan menunjukan kepada mereka tentang produk atau gagasan Anda. Katakan kepada mereka untuk jujur dan mengatakan yang sebenarnya untuk tidak menyakiti perasaan Anda, tetapi penting untuk menguji ide Anda secepat mungkin.

# 4 Mempromosikan website Anda

Saya berharap Anda memiliki sebuah website. Hal ini dibutuhkan agar menjadi lebih baik dan mobile responsive, karena website Anda adala vitrine dari startup Anda. Anda tidak harus menjadi ahli SEO (Search Engine Optimization) dalam mengirimkan website Anda kedalam mesin pencarian. Judul halaman merupakan sesuatu yang penting serta dapat mendeskripsikan meta Anda, kata kunci yang Anda gunakan pada websit Anda dan bagaimana situs Anda terlihat pada browser yang berbeda atau dibagikan di social media.

Untuk strategi SEO secara penuh, Anda harus melingkupi diri Anda dengan orang-orang yang tepat. Namun Anda harus mengetahui bahwa strategi SEO adalah strategi jangka panjang. Menurut Forbes, yang dibutuhkan dalam empat bulan untuk strategi marketing SEO yang baik untuk mulai memberikan hasil. Strategi SEO yang lengkap harus dilakukan oleh para ahli, dan mesin pencarian yang akan mengambil lebih dari 200 faktor untuk membuat peringkat mereka. Hal ini tidak dapat ditangani tanpa pengalaman di dalammnya.

Jadi, jika Anda mulai bekerja pada SEO dan tidak melihat banyak hasil setelah dua atau tiga bulan, jangan berhenti bekerja. SEO adalah startup Anda untuk mendapatkan keberlanjutan tetapi harus disadari bahwa hal tersebut tidak akan membawa hasil yang cepat. Jika Anda ingin hasil yang lebih cepat, maka strategi pertumbuhan hecker yang mungkin cocok.

# 5 Menggunakan 5 offline local marketing

Cara lain untuk mempromosikan website Anda dan startup Anda adalah dengan pegi ke strategi acara local di niche Anda. Startup Anda selalu memikirkan tentang internet marketing tatapi, sedikit yang digunakan dalam marketing offline. Mendefinisikan strategi marketing startup Anda, menggunakan marketing offline. Anda dapat membuka kegiatan startup Anda atau pergi ke pameran dagang yang berhubungan dengan industri Anda. Anda akan dapat mempromosikan startup Anda serta dapat inspirasi dari orang lain, atau bahkan mendapatkan beberapa wawasan dan feedback.

Ini akan membantu Anda dalam mengembangkan jaringan Anda. Pergi ke konferensi dimana Anda akan bertemu dengan para pemimpin atau startuppers dalam jaringan industri Anda. Hal tersebut sangat penting untuk mendapatkan koneksi, dan melihat apa yang orang lain dapat berbagi ide dengan orang-orang di dalam industri Anda. Anda dapat dengan cepat melihat apakah ada permintaan dari market Anda.

# 6 Membuat landing page

Landing page adalah kata berulang di dunia startup dan saya yakin Anda mengetahui apa itu. Tujuan dari landing page adalah untuk menciptakan dan menarik produk Anda serta mengumpulkan lead yang berharga. Dalam rangka mendapatkan lead yang relevan dan berkualitas. Untuk mendefinisikan persona petunjuk penting dalam mengatasi pesan Anda dengan baik.

Pilihlah pesan yang baik dan singkat untuk dapat membuat orang lain ingin mengkilk penawaran Anda. Pesan Anda harus dapat dipahami dengan mudah oleh pengunjung Anda, Setiap kali Anda membuat page baru, Anda memikirkan tentang kata kunci SEO Anda. Tombol CTA (Call-to-Action) harus terlihat dan ditempatkan di lokasi strategis. merek startup Anda harus berada di landing page, warna yang Anda gunakan, logo Anda, font, dan mantra.

# 7 Membangun komunitas Anda di social media

Sulit untuk mengabaikan sosial media saat ini karena alat yang ampuh untuk visibilitas startup Anda. Anda tidak harus menggunakan semua dari mereka, dan berupaya memfokuskan pada orang-orang yang berada di target Anda hal itu yang penting untuk dapat berinteraksi.

Dengan situs yang berjalan dengan baik, serta target landing page untuk mendapatkan lead di social media, startup Anda harus siap untuk memualinya. Jika tidak Anda tidak akan memiliki orang-orang, dan saya sarankan untuk menunda peluncuran startup Anda untuk dapat menempatkannya dalam rangka mempersiapkan komentar atau tweet.

# 8 Membuat Blog

Ada pepatah yang mengatakan” konten adalah raja”.

Jika Anda menanggapi target penonton Anda dengan baik, sebuah blog akan meningkatkan visibilitas startup Anda dan akan mudah untuk berkomunikasi tentang produk Anda.

Tantangan terbesar datang dengan membawa pengguna ke blog Anda, menjaga mereka untuk tertarik dan memastikan mereka untuk dapat berbagi di blog Anda. Blogging benar -benar memiliki efek visual yang dapat digunkan dengan benar. Inilah sebabnya mengapa kualitas adalah raja. Agar orang-orang datang kembali ke blog Anda maka Anda harus berbagi dan berkomunikasi dengan mereka, Anda harus memberikan mereka konten yang relevan serta konten yang mereka suka, yang dianggap menarik, lucu dan mereka akan membagikannya. Posting blog Anda dapat berbentuk tulisan, video, infografis, e-book, wawancara dari salah satu pengguna Anda, atau pertanyaan yang Anda jawab.

Anda harus membuatnya mudah bagi orang-orang untuk navigasi melalui blog atau website. Jika memiliki pembicaraan di blog Anda, Anda ingin menjaga mereka dan menunjukan kepada pembaca Anda terhadap postingan blog Anda, mungkin mereka akan tertarik. Dengan strategi konten marketing jangka panjang, Anda dapat secara signifikan meningkatkan pendapatan startup Anda dengan sebuah blog, saya sarankan Anda untuk mengikuti 10 taktik konten marketing ini untuk blog startup Anda.

# 9 Sosial media optimasi dan merketing

Anda harus membangun komunikasi Anda di social media. Hal ini adalah langkah lain untuk melbatkan di social media yang lebih jauh lagi. Tujuan akan menunjukan konten Anda ke komunitas Anda, mempromosikan produk Anda, berinteraksi dengan follower Anda, serta menjawab pertanyaan mereka. Anda tidak harus menempatkan strategi social media yang rumit pada awalnya, strategi social media yang mudah untuk startup dalam memualinya.

# 10 Strategi email marketing

saya terkejut melihat beberapa startup tidak menggunkan email marketing. Ini merupakan saluran marketing dengan ROI (Return-on-Investment) tertinggi.

Sangat penting bahwa startup anda menciptakan strategi email marketing. Email Anda dapat memberikan kesempatan berbicara secara pribadi dengan pelanggan potensial Anda yang sudah ada. Dengan email, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan mereka dalam menyelesaikan produk atau menawarkan kepada mereka. Untuk mengkonversi lead, email marketing sangat penting. Jika Anda seorang pengusaha startup dan Anda tidak memiliki strategi marketing di tempat, saya sarankan Anda untuk mulai bekerja saat ini.

Ada alat yang dapat membantu Anda dalam email marketing. MailChimp dan MailJet yang diakui dan saya sarankan Anda untuk mengujinya. Anda memiliki berbagai pilihan alat email marketing di disposisi Anda.

Menciptakan kampanye email marketing yang besar adalah suatu keharusan bagi startup Anda untuk mengubah dan mengarah ke penjualan. Ini adalah saluran terbaik untuk melakukannya.

# 11 PR ( Public Realation)

Anda harus mendapatkan PR untuk memulainya. Hal ini bagus tetapi tidak mudah bagi kebanyakan startup. Saya akan memberikan beberapa tips untuk dapat menerbitkanya:

  • Buat daftar: Anda harus membangun sebuah daftar di blogger dalam industri Anda.  Anda harus memiliki nama mereka, email pribadi mereka, LinkedIn dan handle Twitter mereka.
  • Buat siaran pers: Siaran pers Anda harus dipersonalisasi untuk orang yang Anda hubungi, membawa cerita menarik tentang startup Anda, dan menjadi kreatif.
  • Melengkapi media kit: Siaran pers adalah satu hal, yang Anda harus memasangkan logo berkualitas baik dengan gambar yang saya rekomendasikan untuk melampirkan bentuk FAQ.
  • Membangun hubungan: Anda perlu mengetahui bahwa PR adalah membangun hubungan. Anda dapat melakukan PR dengan email, tetapi Anda dapat mengirimkan email pertama atau tweet untuk memperkenalkan diri Anda untuk lebih santai. Saya tidak menyarankan untuk mengirim media kit keluar. Hal ini sangat baik untuk membangun hubungan dengan wartawan atau blogger.

Sumber: http://www.growth-hackers.net/define-a-marketing-strategy-startup/?utm_source=startafire&utm_campaign=recommended_content&utm_medium=mobile&sf=kyejrjo

11 Langkah Menentukan Strategi Marketing Untuk Startup Anda
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: