HarianBernas.com-Pernah menonton film drama Korea? Dalam beberapa adegannya, ada bagian di mana yang satu berkata “Hwaiting!” sambil mengepalkan tangan dengan muka berseri. Sebenarnya, kata yang mau disampaikan Fighting! atau bisa kita artikan Semangat!

Barangkali, menyemangati orang lain menjadi sangat penting dan mungkin sudah menjadi budaya di sana. Saat ini, Korea telah mengembangkan budayanya ke banyak negara, termasuk negara kita. Apakah yang bisa kita ambil dari hal ini? Itu semua membawa ingatan saya kembali kepada buku lusuh yang saya baca di tahun 1993, salah satu buku yang mengubah hidup saya hingga sekarang, yaitu “Berpikir Positif Kunci Sukses” karya Norman Vincent Peale.

Dalam salah satu bagiannya, berikut ini, 9 hal yang tidak lekang oleh masa yang sampai sekarang masih saya ingat. Bagaimana kita menentukan dan mencapai sasaran kita.

1. Pikirkanlah keadaan yang ingin Anda raih dalam kehidupan. Kita harus memiliki pemikiran tentang kondisi dan keadaan yang ingin kita capai dalam kehidupan kita, baik dalam keluarga, pekerjaan, bisnis, maupun banyak hal lainnya.

2.Buatlah keputusan bulat tentang tujuan dasar Anda. Kita harus tentukan tujuan dasar, yaitu tujuan yang tidak mungkin berubah-ubah sesuai kondisi. Tujuan pasti, bulat, dan jelas.

3. Rumuskan dan tuliskan sasaran Anda dalam pernyataan yang tegas dan jelas, serta buanglah semua gagasan yang tidak jelas. Jadi, tuliskan mengapa? Tidak bisa kita hanya mengingat-ingat, kemudian kita lupa. Alhasil, kita malah beralih ke hal lain. Untuk itu, tuliskan dengan jelas sasaran. Tuliskan dengan tegas, tidak mengambang, dan Anda dapat mengerti dengan baik.

4. Belajar dan pelajarilah segala sesuatu yang berkenaan dengan sasaran Anda, serta cara meraihnya. Ini bagian tersulit, tapi terpenting. Buatlah detail tentang apa yang harus kita pelajari, dan ambillah waktu cukup untuk mempelajarinya. Tentu, semua yang berhubungan dengan sasaran kita.

5. Tetapkanlah batas waktu untuk meraih keinginan Anda. Ada batas waktu, ada target waktu yang harus kita tentukan untuk mencapai itu. Dan ini juga harus jelas.Tidak bisa hanya mengikuti waktu saja, tanpa ada kejelasan. Buatlah dalam hitungan tegas, bisa minggu, bulan, bahkan hari.

6.Berdoalah untuk keputusan yang Anda buat sehingga kita yakin bahwa keputusan itu benar. Apabila keputusan itu salah maka yang salah tidak pernah menghasilkan yang benar.

7.Berusahalah mencapai sasaran dan dengan sekuat tenaga dan pantang mundur. Jangan pernah berhenti mencoba.

8.Terapkan cara berpikir positif.

9.Jangan pernah mengandaikan bahwa Anda sudah berhasil. Satu sasaran yang berhasil mengantar Anda pada sasaran-sasaran lainnya.

Fighting atau semangat memang sangat diperlukan dan inilah yang membuat kita mampu mencapai tujuan, sasaran yang kita targetkan. Gunakan 9 cara di atas untuk bisa menyemangati diri Anda dan menyemangati orang lain juga. Ayo Fighting! Ayo Semangat!

Penulis : Fanky Christian

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sumber: https://fankychristian.harianbernas.com/berita-34612-Teriakan-Hwaiting-dan-Fighting-dalam-Film-Drama-Korea.html

Teriakan Hwaiting! dan Fighting! dalam Film Drama Korea
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: