HarianBernas.com-Beragam usaha dicoba oleh kawan saya ini dan hampir semuanya berakhir gagal. Seolah tidak pernah menyerah, dia kembali mencari peluang baru untuk bisa dijalaninya. Akhirnya, saya bertanya agak serius, apakah yang ingin orang cari dari dirinya, apa yang bisa dia berikan untuk orang lain, dan apa yang orang lain akan rasakan berguna?

Ini adalah pertanyaan dasar yang menjadi kata kunci dalam segala usaha apa pun yang kita lakukan. Tanpa sadar, kita hanya mengejar keuntungan belaka sehingga melupakan nilai-nilai utama yang dapat kita berikan.

Ambil contoh, seorang tukang sate langganan saya, Pak Ahmad namanya. Suatu ketika saya bertanya, mengapa dia telah lama berusaha berjualan sate hingga larut malam dan tetap setia hingga sekarang? Jawabannya sederhana, untuk menyekolahkan anaknya yang ada di kampung halamannya, tapi toh dia tetap memberikan layanan terbaiknya untuk para langganannya. Karena menurut dia, dia kasihan orang kesulitan mencari makan pada waktu malam sehingga dia berusaha tetap berjualan apapun keadaannya. Itulah nilai utama yang ditonjolkannya.

Bagaimana dengan bisnis kita, usaha kita, apakah kita telah menemukan dan mendefinisikan dengan tepat, visi-misi- program kita? Temukan juga nilai-nilai usaha Anda dan rangkum semua itu menjadi sebuah kata kunci atau keywords, yang akan dicari orang bila mereka membutuhkan layanan dan bantuan yang kita tuju dalam bisnis kita.

Contoh, dalam bisnis saya, saya menemukan nilai-nilai utama, yaitu memberikan solusi bukan menjual produk, kemudian saya menemukan kembali untuk memastikan mereka menggunakan jasa kami dalam jangka panjang. Untuk itu, tim kami harus memiliki jiwa melayani pelanggan sehingga mulailah kami susun visi, misi, dan program kerja terkait dengan nilai-nilai tadi. Selanjutnya, tentukan bagaimana orang bisa mengenal usaha kita melalui kata kunci yang kita tentukan. Dalam usaha saya, kata kunci yang saya tentukan adalah data center, cabling, dan monitoring system. Alhasil, seluruh fokus kegiatan promosi usaha kami fokuskan kepada kata kunci ini.

Mari temukan semua itu dalam usaha dan bisnis Anda dan definisikan dengan baik sehingga kita tinggal menggunakan berbagai upaya untuk mengomunikasikan kata kunci kita kepada sebanyak mungkin orang, dengan berbagai media.

Penulis : Fanky Christian

Editor : Paulus Yesaya Jati

Sumber:

https://www.harianbernas.com/berita-34432-Pentingnya-Temukan-Kata-Kunci-dalam-Usaha-Anda.html

Pentingnya Temukan Kata Kunci dalam Usaha Anda
Ditag pada:        

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: