Personal Branding adalah cara kita untuk masuk ke pasar dan menjual diri sebagai brand untuk meraih sukses dalam bisnis. Proses Personal branding adalah juga merupakan proses yang terus menerus. Keberhasilan dari personal branding membuat nama kita dikenal dan mempermudah semua transaksi penjualan produk dan jasa kita. Personal branding akan sangat melekat dengan kita.

Salah satu media yang dapat digunakan untuk membangun personal branding adalah LinkedIn. Hal ini karena LinkedIn akan membantu 4 hal ini.

1. Menentukan siapa diri kita sebenarnya

Hal ini dimulai dengan membuat profil LinkedIn yang tepat. Dengan menggunakan foto profesional kita, background di profil yang menunjukkan jati diri kita, serta kelengkapan informasi yang kita masukkan dalam profil. Semua ini akan memudahkan orang lain, terutama yang belum mengenal kita, untuk mengetahui siapa kita dan kompetensi apa yang kita miliki.

2. Menentukan apa yang kita kerjakan, termasuk produk dan jasa kita.

Dalam LinkedIn, telah tersedia berbagai cara untuk memasukkan informasi mengenai produk dan jasa kita. Kita bisa memulai dengan menggunakan informasi pekerjaan, proyek serta aktifitas lain yang kita kerjakan. Pastikan juga kita menggunakan kemampuan SlideShare yang bisa terintegrasi dengan LinkedIn, sehingga semua informasi produk dan jasa kita bisa diupload ke SlideShare dan dikoneksikan ke profil kita.

3. Memposisikan diri kita

Dalam LinkedIn, kita bisa mentargerkan siapa yang akan kita ajak interaksi. Mulai dari koneksi profesional yang kita bidik. Contoh, bagi saya yang menjual solusi data center dan monitoring system, maka target market saya mulai dari network engineer hingga pemilik perusahaan yang membutuhkan produk dan jasa terkait. Kemudian kita harus bisa melakukan komunikasi yang tepat mengapa perusahaan atau produk dan jasa kita berbeda dibandingkan orang lain. Kami dalam memberikan informasi produk dan jasa selalu menekankan kualitas pekerjaan dibandingkan perusahaan lain. Inilah yang kami posisikan terus menerus.

4. Mengelola merek atau brand

Tentu bagi kita yang memiliki merek atau brand tertentu, maka sangat penting memastikan merek dikenal dan dicintai. Untuk itu, kita bisa memberikan informasi terkait produk dan jasa kita dengan menggunakan Company Page. Company Page bisa berisikan informasi tentang perusahaan, tetapi juga bisa memasukkan informasi produk dan jasa kita dengan tepat dan berkesinambungan. Bagi kita yang telah memiliki basis konsumen yang kuat, maka bisa membentuk Groups. Semua konsumen dapat kita undang untuk ikut bergabung ke LinkedIn serta bergabung ke Group. Dengan cara ini, kita dengan mudah mengkomunikasikan banyak hal ke konsumen serta calon konsumen kita.

Pastikan semua ini kita lakukan terus menerus untuk meningkatkan Personal Brand kita. Selamat membangun Personal Brand anda. Bila ada kendala, bisa mengirimkan email ke startsmeup@dayaciptamandiri.com, kami siap membantu anda.

Sumber :

https://www.linkedin.com/pulse/membangun-personal-branding-dengan-linkedin-fanky-christian?published=t

Membangun Personal Branding dengan LinkedIn
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: