Dalam perjalanan kami membina anak-anak SMK dan sekarang lulusan Balai Latihan Kerja, dimana umumnya adalah lulusan muda dengan usia kurang dari 25 tahun, mereka sangat menguasai untuk menggunakan sosial media, seperti facebook dan twitter.

Dan yang menarik lagi, meskipun kami mempersiapkan mereka untuk memiliki kemampuan lain, seperti merakit komputer hingga pemograman, tetapi ternyata kemampuan mereka yang terbiasa menggunakan sosial media ini malah memunculkan ide baru.

Kami sekarang mulai mempersiapkan lulusan ini juga untuk bisa mengembangkan diri menjadi posisi baru, yang kami sebut Online Specialist, atau Spesialis Online. Mengapa kami sebut demikian ?

Pertama, karena mereka akan menggunakan waktu mereka, terutama jam kerja mereka untuk online di dunia maya, dunia Internet. Mereka akan menggunakan banyak media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, hingga LinkedIn untuk mempublikasikan yang kita persiapkan.

Online Specialist juga akan memfokuskan perhatiannya untuk mengikuti rencana kerja marketing (Online Marketing Plan) yang dibuat oleh perusahaan dimana mereka bekerja. Misalnya untuk menaikkan perhatian orang atas merek tertentu, maka perusahaan akan membuat rangkaian rencana untuk menaikkan merek.

Dalam perjalanannya, mereka harus bisa menguasai teknik dasar terkait dengan SEO (Search Engine Optimization), berbagai cara promosi melalui sosial media, melibatkan diri dalam banyak forum terkait. Ini semua umumnya untuk meningkatkan merek.

Kedua, berikutnya kemampuan yang harus mereka asah adalah untuk mempersiapkan konten website. Mengapa? Karena konten website adalah hal yang utama. Konten bisa berupa artikel, pembahasan dan semua yang terkait dengan layanan dan produk perusahaan.

Ketiga, mereka harus menguasai promosi melalui sosial media. Berbagai sosial media yang ditarget sesuai dengan target konsumen perusahaan. Apabila perusahaan menjual barang ke konsumen (business to customer), maka sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram harus dikuasai dengan baik. Sedangkan apabila perusahaan menjual ke perusahaan lain (business to business), maka sebaiknya menggunakan LinkedIn dan Facebook, selain blog yang telah harus dikembangkan.

Memang posisi Online Specialist ini seringkali dikenal juga sebagai Digital Marketer. Tetapi umumnya tugas seorang Online Specialist akan lebih spesifik.

Lalu apa saja yang harus dimiliki oleh seorang Online Specialist ? Kita harus mempersiapkan mereka agar bisa berpikir strategi. Ini penting mengingat strategi kerja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan waktu online mereka.

Kemudian, kita harus mempersiapkan mereka bekerja secara profesional. Mereka bisa bekerja dengan cepat dan tepat, serta mampu membedakan perasaan dirinya dan tugas yang harus dikerjakan. Hal ini penting, mengingat mereka akan meninggalkan jejak digital mereka di dunia Internet.

Pastinya, mereka harus sangat mampu untuk belajar terus menerus. Banyak hal baru berkembang dan dinamikanya sangat cepat. Jadi mereka harus mampu mempelajari hal baru dengan tepat.

Berikutnya, adalah melatih kemampuan menulis mereka. Ini sangat penting, karena tetap marketing adalah komunikasi. Mereka menyampaikan ide dan pemikiran mereka. Meskipun sekarang ini sudah mulai bergeser ke video, tetap hal menulis adalah kemampuan penting yang harus mereka miliki.

Mereka juga harus bisa membaca tren, membaca data yang muncul dari hasil apa yang mereka sampaikan di dunia online. Kemampuan mereka untuk membaca nilai dan data akan membuat nilai mereka berharga.

Pada saatnya mereka akan memiliki kecapakan khusus, spesialiasi, dan ini yang kita harapkan. Mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan berbagai sosial media, SEO dan beragam cara online lainnya untuk membantu perusahaan di mana mereka bekerja.

Inilah semua hal yang sedang kami kerjakan untuk mempersiapkan Online Specialist dalam kelas-kelas kami di KPTIK (www.kptik.org). Silahkan kontak kami apabila memerlukan bantuan menyiapkan tim anda menjadi Online Specialist (fankychristian@kptik.id).

Sumber : https://www.linkedin.com/pulse/akhirnya-semakin-jelas-kita-perlu-online-spesialis-fanky-christian?published=t

 

Akhirnya semakin jelas kita perlu ONLINE SPESIALIS
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: