Apakah Anda membuat rencana pemasaran  sosial media yang efektif dan sesuai jadwal serta memberikan nilai tambah untuk para audiens Anda secara konsisten?

Mungkin Anda baru saja memulai dan bersemangat untuk semua kemungkinan potensi yang Anda, tetapi Anda tidak tahu bagiamana cara memualinya atau bagaimana cara menempatkannya secara bersama-sama.

Jangan khawatir karena di postingan ini kami akan berbagi saran untuk membuat rencana pemasaran  sosial media yang efektif sehingga Anda dapat menggunakannya untuk bisnis Anda.

Langkah 1  Tentukan visi dan tujuan Anda

Jangan melakukan pendekatan strategi  sosial media secara tergesah-gesah tanpa mengetahui apa yang ingin Anda capai, bagaimana Anda dapat mencapainya?

Anda harus meluangkan waktu untuk benar-benar mengetahui dengan tepat apa yang menjadi kebutuhan dari bisnis Anda serta bagaimana sebuah  sosial media dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut.

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebelum memulainya adalah dengan duduk bersama-sama dan menyusun waktu  dengan tepat apa yang ingin Anda capai.

Apakah Anda ingin menghasilkan lebih banyak arahan? Apakah Anda berencana menggunakan  sosial media untuk menjangkau pelanggan? Atau mungkin Anda berencana menggunakannya untuk meningkatkan merek Anda?

Hal utama yang harus diingat adalah tujuan Anda harus dapat diukur dengan beberapa cara. Jika anda ingin menghasilkan lebih banyak arahan, apakah itu harian, mingguan, atau  bulanan? Jika Anda berencana mengunakannya untuk menjangkau pelanggan, maka Anda dapat menggunakan umpan balik atau rating sistem untuk mengukur hasil?

Jika Anda berencana mengembangkan jumlah audiens dan merek , Anda dapa mengukurnya melalui jumlah penggemar baru yang ada di halaman website Anda.

Fokus pada 1 sampai 3 tujuan utama, untuk memulai, mendapatkan hasil, dari skala tersebut.

Langkah 2  Tentukan Audiens Anda dan Solusi Untuk Masalah Mereka

Menentukan audiens yang benar-benar dapat memahami siapa Anda dan bagaimana membuat konten Anda agar dapat membantu dalam mempromosikan, membuat lebih banyak keterlibatan, dan meningkatkan konversi. Hal tersebut dapat menciptakan keselarasan dalam pesan Anda.

Beberapa pertanyaan mungkin ingin Anda tanyakan pada diri sendiri tentang pelanggalan ideal itu seperti apa:

  • Berapa umur mereka?
  • Dimana mereka bekerja? Apa yang mereka lakukan?
  • Berapa tingkat pendapatan mereka?
  • Apa jenis kepentingan yang mereka miliki? Pribadi dan bisnis?
  • Apa hambatan yang mungkin mereka miliki?
  • Apa kebiasaan mereka, suka, dan tidak suka?
  • Apa yang memotivasi mereka?

Semakin jelas Anda mendapatkan jawaban, semakin Anda dapat menyempurnakan rencana pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menentukan jenis pesan yang cocok untuk di tempatkan di depan audiens serta memberikan informasi tentang online tersebut.

Mungkin Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki jenis avatar yang bebeda dari bisnis Anda secara keseluruhan. Hanya  dengan mencoba fokus pada satu atau dua jenis utama untuk memulai dan bekerja dari hal tersebut.

Langkah 3  Pilih Channel Sosial Media Anda

Hal ini merupakan langkah dimana banyak orang mulai untuk tidak perlu membebani diri mereka dengan percaya bahwa mereka perlu memasarkan diri mereka di setiap platform. Sementara itu, untuk memiliki kehadiran di semua channel media sosisal, yang harus mereka lakukan adalah dengan tetap  focus pada satu atau dua starategi  saat pertama kali memulainya. Hal tersebut akan jauh lebih efektif untuk dapat benar-benar belajar dan manguasai cara pemasaran.

Ketika Anda terus membangun bisnis dan mengembangkan audiens Anda, Anda akan selalu dapat menambahkan strategi media sosial lainnya di lain waktu.

Hal terbesar untuk berpikir bagaimana memilih channel media social adalah dengan menentukan di mana target pasar Anda. Jika mereka menghabiskan banyak waktu di Facebook, maka akan menguntungkan Anda untuk memulainya dari sana. Jika target pasar Anda adalah kelompok remaja, Anda mungkin menemukan Snapchat menjadi saluran pemasaran yang efektif. Jika hal tersebut yang Anda sukai, maka Anda akan jauh lebih mungkin untuk tetap  bertahan dengan hal tersebut.

Langkah 4  Membuat Strategi Konten Media Sosial

Sekarang Anda melakukan penelitian dan bertukar pikiran untuk menyusun strategi  konten media social. Membuat konten tanpa tujuan yang jelas akan cepat hilang, Anda mungkin akan mendapatkan beberapa orang melakukan like dan shares. Jika ingin mendapatkan hasil yang terukur Anda harus membuat dan mengirimkan konten dengan tujuan yang jelas.

Dalam langkah 3 “Channel  social media” Anda memilih untuk fokus dan menguasainya? Sekarang pilihlah beberapa pemimpin dalam industry yang memiliki strategi yang efektif dan mulailah mengikuti serta terlibat terhadap apa yang mereka lakukan pada saluran tersebut.

  • Seberapa sering mereka posting?
  • Apa jenis konten yang tidak di sukai oleh penonoton mereka?
  • Apa jenis gambar atau video yang mereka bagikan?

Mencatat dan mempelajari apa yang menjadi inspirasi untuk memilih dan membuat konten yang unik untuk halaman Anda sendiri (apakah itu Twitter, Instagram, Facebook, dll).

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan benar-benar merencanakan topik Anda sendiri dalam beberapa minggu atau bulan. Apakah Anda mempunyai promosi khusus pada bulan itu? Apakah ada strategi pemasaran tertentu yang ingin Anda bagikan pada saat pelatihan?

Hal terbesar tentang sistem MLSP adalah Anda dapat memanfaatkan back office, palatihan hidup untuk membantu dalam memunculkan sebuah topik.

  • Anda dapat mendengarkan panggilan dan mengubah bagian dari pesan dalam betuk kutipan gambar.
  • Anda dapat menonton training yang tercatat di back office dan menulis posting blog atau membuat video pada saat Anda belajar untuk berbagi di Twitter.
  • Anda dapat melihat jadwal latihan minggu ini dan membuat materi promosi untuk web yang akan datang.

Dengan mengetahui Channel media social Anda dapat menguasai dan mengatahui seberapa sering Anda memposting, dan akan sangat memudahkan Anda untuk menyusun sejumlah ide-ide besar untuk konten Anda.

Hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat lebih banyak waktu dalam mempromosikan dan mengubungkan konten Anda.

Langkah 5  Mengatur Alur Kerja Untuk Dapat Menyelesaikanya

Hal yang paling penting untuk mengetahui alur kerja yang sesuai dengan Anda dan keluarga Anda, bahkan jika tidak sesuai dengan yang Anda buat dan berbeda dari  orang di sekitar Anda.

Apakah Anda memiliki pekerjaan yang membutuhkan waktu terbaik setiap harinya? Apakah Anda menemukan pekerjaan terbaik ketika Anda memiliki banyak waktu tanpa ada yang mengganggu? Anda mungkin orang yang memanfaatkan waktu untuk melakukan sejumlah pekerjaan dan membuat jadwal konten harian dan mingguan.

Jika Anda bekerja full time di rumah dan Anda bekerja lebih baik pada waktu tertentu setiap hari, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat konten yang baru setiap harinya. Hal ini juga dapat berfungsi pada seseorang yang benar-benar tahu bagaimana cara memaksimalkan waktu luang.

Kita akan membuat daftar master untuk semua tugas, maka dari itu kita perlu menyelesaikan tugas selama seminggu dalam hal perencana pemasaran media social dan membagikan tugas tersebut berdasarkan tugas sehari-hari.

Berikut contoh dari checklist  mingguan yang mungkin dapat Anda gunakan untuk mencatat berbagai tugas Anda.

Misalnya, jika Anda berencana memposting di Facebook 6 kali perhari, maka Anda memerlukan 42 postingan Facebook selama seminggu. Anda dapat memisahkan postingan ke dalam beberapa jenis yang berbeda seperti kutipan, gambar, promosi, video, posting blog, serta  Anda dapat membuat semua postingan sekaligus.

Sedangkan tugas seperti mempromosikan posting blog, menghubungkan dengan pelanggan baru, atau meningkatkan twitter itu adalah hal-hal yang cenderung dilakukan setiap harinya.

Langkah 6  Mengukur dan Melacak Hasil

Ingat pada langkah 1 dalam pembahasan pangaturan tujuan terukur? Pada langkah 6 semua tentang pelacakan dan pengoptimalan matrik.

Jika tujuan Anda mendapatkan 50 orang seperti fan page baru per minggu, Anda dapat dengan mudah menggunakan data Facebook untuk memastikan apakah Anda mencapai tujuan itu. Hal yang sama berlaku untuk semua platform media sosial yang menyediakan data untuk bisnis Anda. Misalnya, Twitter, Instagram, dan Pinterest mereka membuatnya dengan sederhan agar dapat melihat pertumbuhan dan menganalisisnya.

Namun untuk hal-hal seperti klik website, pelanggan baru, dan konversi penjualan, Anda harus memastikan apakah Anda memiliki pelacakan yang tepat untuk di tempatkan sebelum masuk ke dalam metode promosi. Apakah Anda menggunakan link custom atau campaigns sistem, untuk dapat melacak  tayangan, klik, dan penjualan.

Jika Anda menggunakan link Anda sendiri atau situs, Anda dapat menggunakan link pelacak untuk mengumpulkan data Anda. Jika Anda berencana untuk menggunakan pemasaran Facebook sebagai salah satu metode utama, Anda dapat memanfaatkan piksel di situs tersebut untuk melacak semua data pengunjung Anda, sehingga Anda dapat mengoptimalkan campaigns dan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Hal utama yang perlu diingat adalah banyak usaha yang terbuang tanpa pelacakan. Ketahuilah tindakan yang tepat untuk menghasilkan hasil terbaik dan menempatkan fokus Anda di sana!

Langkah 7  Melibatkan, Mengkonversikan, Mempertahankan dan Berkembang!

Sistem akan mengatur dan melepaskan konten Anda secara konsisten, Anda dapat memulai memfokuskan upaya Anda untuk lebih terlibat dalam prosfek, peningkatkan konvesi,  yang konsisten sesuai dengan tugas dan dapat bekerja dengan baik, dalam mancari tahu bagaimana cara untuk berkembang dari hal tersebut.

Ingat dalam membuat konten dan membuat jadwal posting media social sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggantikan interaksi manusia. Tujuan utamanya adalah untuk membebaskan lebih banyak waktu untuk memastikan keterlibatan yang kuat. Seperti postingan Anda pergi keluar setiap hari, pastikan Anda memperhatikan komentar, pesan, atau keterlibatan dari audiens Anda sehingga Anda dapat secara aktif menanggapi mereka.

Manfaat lain mendapatkan konten adalah Anda dapat menghabiskan waktu dengan mengoptimalkan konversi. Ketika Anda mulai mendapatkan hasil yang nyata, maka Anda dapat menggunakan hasil tersebut untuk menentukan apakah Anda perlu mengubah apa pun dalam konten Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Sosial media dapat menjadi alat yang sangat kuat untuk mengembangkan bisnis Anda secara online. Jika Anda melengkapi diri dengan rencana yang tepat, alat yang tepat, dan pola pikir yang benar! Kami berharap 7 langkah-langkah ini dapat membantu Anda dalam memulai ke arah yang tepat.

Sumber:

 http://blog.myleadsystempro.com/creating-effective-social-media-marketing-plan?id=DavidS

 

MEMBUAT RENCANA PEMASARAN SOSIAL MEDIA YANG EFEKTIF
Ditag pada:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: