Dalam mempelajari tampilan visual tanpa disadari dapat mempengaruhi perilaku kita. Baik disengaja atau tidak disengaja, dengan melihat gambar kita dapat menarik kesimpulan-kesimpulan tertentu. Kesimpulan itulah yang sangat penting bagi bisnis Anda.

YANG PERLU ANDA KETAHUI

Untuk membantu Anda dalam memahami pemikiran visual, berikut adalah beberapa fakta tentang cara otak dalam memproses tampilan visual sehingga membantu Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain:

1. Memahami bagaimana kita melihat

Dalam pemasaran visual terbaik adalah yang menyajikan informsi terbatas dan dapat dipahami dengan sekilas. Bila memungkinkan, pikirkan cara untuk menghilangkan elemen yang tidak di perlu. Khalayak Anda akan senang sekali.

2. Visualisasikan dengan mata pikiran Anda

Otak Anda dapat membuat reprsesentasi tampilan visual dari kata atau konsep apa pun yang Anda pikirkan. Dalam berpikir visual Anda dapat membuat  hal yang ada dalam pikiran Anda dapat dimengerti oleh orang lain bahkan diri sendiri.

3. Membuat representasi ide

Sewaktu Anda berupaya untuk membuat pemikiran Anda menjadi visual, Anda harus menyadari bahwa pembaca Anda sedang berusaha mencari pola dan menghubungkannya dengan hal-hal yang sudah dikenal.

 4. Memahami bahwa peta memiliki fungsi penting

Inilah yang sebenarnya dilakukan peta pada otak kita. Misalnya Anda bergerak dari meja ke pintu, otak Anda akan menganalisis dan menciptakan peta keadaan sekeliling untuk Anda jelajahi.

5. Membuat otak kiri dan kanan Anda bekerja sama

Ketika Anda berpikir menggunakan kedua “sisi” otak Anda secara bersamaan, Anda akan mamaksimalkan fungsi otak Anda. Sebagai contoh Anda menggunakan peta pikiran untuk mengungakapkan gagasan (brainstorming).

6. Menyadari bahwa warna mempengaruhi perilaku belanja

Sebuah infografis dari KISSmetrics yang dikenal sebagai “Bagaimana warna mempengaruhi pembelian”? untuk melihat infografis, silahkan lihat http://blog.kissmetrics.com/color-psychology/?wide=1.)

KEKUATAN TAMPILAN VISUAL DAN TEKS

Dengan menggunakan tampilan visual dan teks, Anda dapat memperbesar kekuatan tiap-tiap unsur otak Anda untuk menyampaikan pesan. Seperti yang kita ketahui, menggunakan seluruh fungsi otak membatu memaksimalkan pemahaman Anda tentang sesuatu serta membantu palanggan Anda.

MENGEVALUASI KEMAMPUAN ONLINE ANDA UNTUK MEMBUJUK

Situs web sangat menekankan pada tampilan visual, penting bagi Anda sebagai  seorang pemasar media sosial untuk mempelajari cara melihat situs web Anda sendiri, situs web bisnis lain dan blog-blognya, serta mampu untuk mengambil informasi yang membantu Anda dalam mamahami cara mereka mandapatkan pelanggan baru.

Menentukan hal-hal yang harus diubah adalah kunci untuk proses ini. Anda dapat membuat perubahan-perubahan besar yang mempunyai efek kecil atau tidak berefek sama sekali, atau membuat perubahan kecil yang menghasilkan sesuatu yang besar.

Pertama-tama mari kita tinjau prinsip-prinsip yang ada, atau cara-cara membujuk orang:

1. Timbal balik

maksudnya adalah quid pro quo (ini untuk itu).Ingatlah untuk menawarkan sebanyak atau lebih dari yang diberikan oleh pelanggan Anda. Misalnya apabila pelanggan memberikan informasi kontak mereka, Anda dapat mengirimkan laporan yang berharga atau sesuatu yang mereka hargai. Memberi lebih (overdeliver) itu selalu lebih baik karena hal ini dapat memotivasi seorang untuk membeli dari Anda lagi di waktu mendatang.

2. Bukti (pengaruh) sosial

Jika orang ingin melihat orang lain melakukan sesuatu terlebih dahulu sebelum mereka mencobanya sendiri. Orang lain harus terlihat mendukung produk atau jasa Anda sehingga mereka merasa yakin bahwa mereka mendapatkan penawaran yang baik. Apabila mereka tidak melihat halaman penghargaan/pujian (testimonial), mereka akan bertanya-tanya.

3. Menyukai

Penulis Robit Bhargave menulis ini secara mendalam dalam bukunya, likeconomics. Apabila seseorang dalam nalurinya tidak mempercayai Anda, orang tersebut tidak akan melakukan bisnis dengan Anda. Anda dapat melakukan sesuatu untuk memberitahukan jati diri Anda dengan menampilkan foto para karyawan Anda di situs web Anda.

4. Otoritas

Orang akan mempercayai mereka yang telah mencapai status tertentu, dan kita memberikan status khusus kepada mereka untuk memperoleh sesuatu yang belum kita dapatkan.

5. Kelangkaan

Apabila Anda meyakinkan orang lain bahwa produk Anda terbatas jumlahnya, atau akan segera habis, Anda akan mendapatkan perhatian mereka. Ini merupakan tanda bagi mereka bahawa produk tersebut berharga.

6. Komitmen dan konsistensi

Apabila mereka berpikir bahwa mereka bertindak tidak rasional, maka mereka akan berusaha merubah perilaku mereka. Mereka juga senang jika dianggap selalu memegang tegus kata-kata mereka.

Selain cara-cara membujuk Anda akan mendapatkan 5 poin penting  untuk sosial media:

1. Penggunaan cerita

Robert Mckee, penulis skrip hebat, menyebutkan cerita sebagai penyatuan sebuah ide dengan emosi”. Hal inilah yang membuat cerita menjadi begitu ampuh.

2. WIIFM

WIIFM artinya “What in it for me?”  (Apa untungnya untuk saya?)

3. Membangun hubungan

Membangun hubungan adalah kunci dari jejaringan media sosial.

4. Mencoba terlebih dahulu 

Cara bagi para pelanggan membuat komitmen kecil untuk membelanjakan uangnya kepada Anda sambil mengamati, jika kelak mereka akan berbelanja lebih banyak lagi.

5. Komitmen untuk menjadi “hijau” atau bagian dari komunitas yang lebih besar

Jika produk-produk Anda memenuhi standar ramah lingkungan, orang akan merasa senang melakukan bisnis dengan Anda.

sumber: buku The Visual Marketing Revolution.

MENGENALI KEKUATAN PERSUASI TAMPILAN VISUAL
Ditag pada:

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: