Kegiatan Launching Kiosk Kreatif dan Online Sales Asistant (OSA) di Blok B Tanah Abang

Seiring dengan salah satu target dari APTIKNAS, yaitu membina Digital Agent.  Digital Agent adalah anak-anak milenials kita yang dibina dan dipersiapkan untuk menjadi tenaga muda handal di dunia digital.

Karena sebagian besar pengusaha TIK yang bergabung di dalam APTIKNAS adalah pengusaha retail, maka layanan Digital Agent yang dikembangkan juga untuk mendukung kegiatan retail, dan khususnya e-commerce yang sedang marak saat ini.

Salah satu anggota APTIKNAS, PT Daya Cipta Mandiri Solusi mengembangkan layanan StartSmeUp (www.startsmeup.id) yang merupakan layanan pendampingan UMKM, khususnya dalam penggunaan sosmed dan e-commerce.

Gayung bersambut dari pengelola Blok B Tanah Abang yang tengah mencari mitra untuk membantu para tenant nya memaksimalkan potensi mereka terkait dengan sosial media dan e-commerce. Selain itu juga BUKALAPAK telah hadir memberikan pelatihan untuk para pemilik kiosk, yang sebagian besar adalah pedagang fashion.

Selain itu juga ada PT POS Indonesia yang membuka kiosk khusus untuk membantu para pedagang mengirimkan paket pesanan dari dunia online e-commerce.

Berikut foto kegiatannya.

Bu Bevi selaku Pengelola Blok B Tanah Abang Jakarta
Penyerahan Piagam Kerjasama – Pengelola Blok B Tanah Abang, PT Pos Indonesia, PT Daya Cipta Mandiri Solusi (Startsmeup.id) dan Bank Rakyat Indonesia.
Penyerahan kaos kerja Online Sales Asistant ditandai dimulainya layanan StartSmeUp untuk membantu para pemilik kios di Blok B Tanah Abang. Disaksikan oleh Ketum APTIKNAS Bapak Soegiharto Santoso (Hoky)
Lokasi Kiosk Kreatif di Lantai 5 Blok B Tanah Abang
Pemotongan tumpeng tanda dimulainya operasional Kiosk Kreatif kepada penanggung jawab Bpk. Iman.
Kerjasama dan kolaborasi Online Sales Asistant antara APTIKNAS (StartsmeUp) – Bank Rakyat Indonesia – BUKALAPAK – PT POS INDONESIA dan PT Samsung Indonesia. Semua bahu membahu membantu UMKM naik kelas dengan TIK.
Fasilitas Komputer – Proyektor di area Kiosk Kreatif
Manekin siap digunakan di salah satu ruangan dalam Kiosk Kreatif.
Dengan adanya Kiosk Kreatif didukung Online Sales Asistant maka para pemilik Kiosk di Blok B Tanah Abang siap go online. Informasi selengkapnya layanan OSA dapat dilihat di www.startsmeup.id

Mungkin saatnya anda perlu Asisten Bisnis Online

Bernas.id – Perkembangan dunia e-commerce Indonesia sangat menarik. Hingga pemerintah menetapkan peta jalan e-commerce di November 2017, dan semuanya menjadi jelas. Salah satu yang dibidik adalah sumber daya manusia.

Ya, memang, sumber daya manusia Indonesia juga harus dipersiapkan. Hal ini menjadi sangat penting agar Indonesia tidak hanya menjadi target, tetapi juga mampu mengelola dan mengembangkan industri yang berkaitan dengan e-commerce. Di mana saat ini semua semakin mengandalkan transaksi e-commerce untuk berkembang.

Lihat saja para UKM bidang komputer yang semula marak ada di mal. Sekarang ini mereka bertahan dengan menggunakan berbagai platform bisnis online yang ada, dan menjual produknya di sana. Mal yang semua berkonsentrasi kepada produk teknologi, sekarang beralih ke kuliner. Tetapi tetap saja, di mana pun kita akan menemukan orang yang menggunakan smartphone-nya untuk beraktifitas.

Oleh karena itu, para UKM juga harus segera mempersiapkan diri. Dalam berbagai kesempatan, kami melakukan edukasi dan pelatihan untuk UKM, dan memang selalu mendapatkan hal yang sama. Tidak semua UKM siap. Maka kami menemukan istilah ‘start-sme-up’, yang kurang lebih artinya ‘bantu kami bangkit’. Memang tidak sama dengan istilah ‘startup’ yang sedang marak di telinga masyarakat. Layanan startsmeup banyak difokuskan kepada UKM yang telah berjalan, terutama dengan cara konvensional, dimana mereka harus ditingkatkan kemampuannya agar bisa bersaing dan berkembang dalam jalam teknologi ini.

Salah satu layanan startsmeup adalah menyediakan tenaga pembantu bisnis online, atau kami sebut dengan Asisten Bisnis Online. Layanan ini merupakan layanan berlangganan untuk membantu usaha kecil menengah menggunakan teknologi bisnis online. Layanan ini akan mengelola pengambilan gambar, pembaruan deskripsi, harga dan stok di berbagai media yang disepakati. Mulai dari website, blog, akun sosial media hingga forum jual beli. Dengan cara ini, UKM tidak harus memiliki staf khusus yang mengelola semua ini, tapi cukup menggunakan layanan starsmeup.

Dalam mengembangkan kemampuan startsmeup, kami melihat potensi anak-anak muda untuk dibina dan memiliki kemampuan yang diperlukan untuk mengelola ini semua. Kami yakin, usaha kecil kami untuk membantu UKM ini tidak akan sia-sia, karena akan semakin banyak anak-anak muda yang siap membantu mereka. Mari terlibat dalam layanan startsmeup, bila memerlukan bantuan kami akses saja ke www.startsmeup.id. Ayo tingkatkan kualitas UKM Indonesia dengan kuasai teknologi.

sumber: https://www.bernas.id/58888-mungkin-anda-perlu-asisten-bisnis-online.html

Tetap Menatap Cerah Dunia Retail Indonesia

Bernas.id – Salah satu perhelatan dunia retail Indonesia telah selesai, ya Internet Retailing Expo yang telah berlangsung tiga kali. Kegiatan tahun ini mungkin tergolong unik, karena mengangkat tema Transforming the ASEAN retail landscape. Lalu, apanya yang bertransformasi?

Dalam kegiatan 2 hari ini, banyak hal menarik yang kami jumpai selama mengikuti kegiatan disana. Pertama, hampir semua pengusaha retail telah mempertimbangkan dan bahkan menggunakan media online dan Internet sebagai salah satu media transaksi. Jadi bukan hanya untuk promosi, mereka bahkan menggunakannya untuk media transaksi. Selama ini, meskipun mereka tetap memiliki dan mengelola toko, tapi toko online telah dibuka. Ada beberapa pengusaha bahkan mempersiapkan perusahaan khusus untuk mengelola transaksi online. Artinya, semua pengusaha retail mulai memaksimalkan potensi online mereka dengan menyediakan website, portal, dan bahkan bekerjasama dengan marketplace yang ada.

Ini menarik. Dalam berbagai kesempatan, pengusaha retail diajak untuk membuat website, mengelola portal website online. Tapi sekarang mereka sadar, bahwa membangun website, artinya juga membangun brand baru. Membuat pengunjung, customer mereka untuk membeli online saja sudah menjadi tantangan, ditambah lagi dengan membuat website dan portal transaksi. Jadi cara tercepat adalah menggunakan dan bekerjasama dengan marketplace yang telah ada. Dan ini banyak kita lihat setahun belakangan ini, dimana mereka menyebut dirinya ‘Toko Resmi’ (official stores).

Di satu pihak, ini tren menarik dan menguntungkan bagi pelanggan dan pemilik produk. Tapi ini juga tren mengerikan bagi distributor, dealer ataupun reseller (atau retailer) yang selama ini berinteraksi dengan pelanggan. Oleh karena itu, para pemilik produk harus mempertimbangkan mekanisme harga dan menjaga harga, agar tidak terjadi kekecewaan di kalangan reseller yang selama ini telah membantunya.

Kedua, kunci kesuksesan bertransaksi di dunia Internet ternyata bukan hanya pada berapa jumlah pelanggan, tapi juga konten, komunitas dan data. Nah, ini yang sering kita lupa. Kita hanya berfokus pada angka, dan angka adalah pelanggan. Tapi juga kita harus membina pelanggan kita, dengan memperkaya pengetahuan produk, teknologi dan solusi terkait produk kita. Kita harus membina mereka dalam komunitas. Dan semua akan menghasilkan kinerjak optimal. Demikian pula dengan kekayaan data. Tiap marketplace, atau portal online transaksi kita harus bisa membaca ini. Tentu tidak mudah, tapi kita bisa lakukan dengan cara yang paling mudah. Pernahkan kita tahu berapa banyak pembeli kita dari daerah mana saja, apa yang membuat mereka tertarik untuk datang lagi, berapa nilai transaksi terakhir, kapan mereka membeli, wah banyak sekali yang kita bisa gali dari data pelanggan kita. Hingga ada perusahaan yang berfokus menggali interaksi pelanggan (customer engangement).

Tren menurunnya transaksi retail Indonesia memang harus dicermati. Tapi dengan tetap semangat dan memaksimalkan berbagai cara, terutama terkait dengan menggunakan media Internet, baik untuk transaksi online, ataupun mulai dengan digital marketing. Ingat, rata-rata konversi e-commerce Indonesia adalah 1.1% dibandingkan global yang mencapai 1.58%. Peluang masih besar di depan kita. Tinggal kita tetap semangat dan menatap cerah dunia retail Indonesia.

sumber: https://www.bernas.id/59653-tetap-menatap-cerah-dunia-retail-indonesia.html

Mengambil keuntungan dari Internet Indonesia

Bernas.id – Menarik membaca data yang baru saja dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) mengenai penggunaan Internet di Indonesia sepanjang tahun 2017. Data terbaru menunjukkan angka 143,26 juta pengguna Internet Indonesia, hampir 54,68%, angka yang seolah menunjukkan masyarat Indonesia sudah ‘melek’ Internet.

Tapi data ini diperkuat lagi dengan sebaran pengguna Internet yang ternyata 58,08% berada di Jawa, 19,09% di Sumatera, dan sisanya ada di daerah lain. Artinya infrastruktur jaringan Internet berada di 2 pulau ini maka pengguna Internetnya bisa bertumbuh dengan baik.

Sebaran usia juga menunjukkan data menarik, 75,5% di usia 13-18 tahun, 74,23% di usia 19-34 tahun, dan 44,06% di usia 35-54 tahun, tidak ketinggalan 15,72% di usia >54 tahun. Usia produktif sudah tahu dan mahir menggunakan Internet. Dengan jenis kelamin laki-laki mencapai 51,43% dan perempuan 48,57%. Data ini juga menunjukan target market yang bisa diraih di dunia Internet Indonesia.

Dari segi latar belakang pendidikan juga menunjukkan data menggembirakan, selain S2/S3 sejumlah 88,24%, S1 sejumlah 79,23%, SMA sederajat mencapai 70,54%, SMP mencapai 48,53%, dan yang menarik lulusan SD mencapai 25,1%. Semakin baik latar belakang pendidikannya, semuanya semakin mengenal Internet.

Sekarang dari segi perangkat yang digunakan, 25,7% masih menggunakan laptop untuk mengakses Internet, sedangkan 50,08% gunakan smartphone atau tablet. Penggunaan smartphone dan tablet memang meningkat pesat dalam kurun 5 tahun terakhir. Bahkan sekarang kemampuan smartphone melebihi spesifikasi laptop dalam beberapa hal.

Dari segi market kelas ekonomi atas menggunakan Internet hingga 93,1%, menengah 82,95%, bawah 58,55%, sangat bawah 21,72%, ternyata mereka semua menggunakan Internet sangat baik.

Berikutnya data penggunaan aplikasi berbayar saat ini hingga 11,41%, sedangkan yang berlangganan mencapai 6,29%. Aplikasi berbayar semakin mendapatkan posisi, dimana pengguna mulai terbiasa untuk membayar layanan aplikasi dan langganan aplikasi yang mereka rasakan manfaatnya.

Dari segi tempat sebagian besar masih mengakses dari area urban 72,41%, rural-urban 49.25% dan rural 48,25%. Usaha pemerintah yang giat menggelar jaringan Internet hingga ke area rural ini patut diapresiasi. Perangkat yang digunakan di area tersebut juga masih menggunakan smartphone sebesar 70,96%, rural-urban 45,42% dan 42,06% di area rural. Ini menunjukkan smartphone semakin menjadi pilihan untuk mengakses Internet.

Data awal menggunakan Internet juga menunjukkan data menarik, dimana tahun 2016-2014 menjadi awal tahun penggunaan Internet mereka sebesar 37,12%. Kita ingat tahun-tahun ini memang geliat perkembangan smartphone dan Internet sangat tinggi.

Sebagian besar Internet diakses menggunakan smartphone 59,31% di kabupaten kota, diikuti kedua perangkat (laptop dan smartphone) sebesar 38,31%. Dan penggunaan akses menggunakan laptop semakin menurun 0,65% saja. Data yang sama juga ditunjukkan di area lainnya.

Nah, sekarang dari jenis aplikasi yang digunakan. Pertama adalah chatting 89,35%, sosial media 87,13%, search engine 74,84%, lihat video 69,64%, download video 70,23%, download gambar 58,77%, selebihnya artikel 55,3%, email 33,99%, beli barang 32,19%, pendaftaran online 16,97%, jual barang 8,12% dan terakhir akses perbankan 7,39%.

Kalau urusan untuk manfaatnya, tetap 45,14% untuk mencari harga, membantu pekerjaan 41,04%, informasi pembeli 37,82%, beli online 32,19%, cari kerja 26,19%, transaksi perbankan 17,04% dan jualan online 16,83%.

Nah, sekarang kita lihat polanya. Sebagian besar sudah ‘melek’ Internet, tahu cara menggunakan Internet, dan tersebar di area urban dan rural-urban. Ini target ekonomi yang baik, dan kelasnya kelas atas hingga bawah. Sedangkan penggunaan smartphone menjadi titik penting, dimana aplikasi, website dan system yang kita punya harus bisa diakses dari smartphone. Untuk berbagai penggunaan, aplikasi kita harus ramah dengan smartphone, atau istilah teknisnya mendukung HTML5.

Sekarang ini semua smartphone telah dilengkapi dengan browser yang mendukung HTML5, dan semuanya bisa digunakan dengan mudah. Aplikasi yang kita kembangkan minimal harus mendukung ini. Website yang kita punya harus mendukung HTML5, dan semua harus mudah diakses, dan ramah terhadap search engine, terutama Google dan Bing yang sekarang menjadi search engine yang paling banyak digunakan.

Lengkapi diri kita, usaha kita dengan kemampuan ini. Menggunakan Internet untuk berbagai kepentingan, dan harus bisa diakses dari Internet dengan mudah. Salah satunya dengan menggunakan berbagai aplikasi yang membantu kita untuk memaksimalkan potensi kita di Internet.

Salam StartSmeUp!

sumber: https://www.bernas.id/61847-mengambil-keuntungan-dari-internet-indonesia.html

Semua Orang Menggunakan Gmail, Tetapi Tidak Semua Orang Mengetahui Kiat dan Trik Hebatnya

Antara Lab, ekstensi, dan setting, ada sejumlah cara agar Anda dapat menyesuaikan pengalaman gmail dan mentweak bagaimana email Anda ditangani. Berikut beberapa metode favorit yang digunakan untuk mengelola waktu dan memberikan dorongan tambahan pada Gmail saat Anda berhubungan dengan organisasi.

Send and arcive dalam satu langkah

Berikut trik yang dapat Anda gunakan untuk menghemat waktu Anda. Pertama, klik icon perkakas dan pilih setting dari menu drop down yang dihasilkan. Kemudian cari bagian send and archive, centang kotak disamping kolom show “Send & Archive” kemudian reply. Ini akan menambahkan tombol baru saat Anda mereply email. Jika Anda mengkliknya akan memungkinkan Anda untuk mengirim respons dan mengarsipkan email secara otomatis, sehingga dapat menghapusnya dari kotak masuk Anda. Hal ini merupakan anugerah bagi mereka yang menerima email tanpa batas, serta dapat membuat kotak masuk Anda bebas dari kekacauan.

Enable dan Disable Tabs

Gmail memiliki tiga tab seperti Primary, Sosial, dan Promosi serta mengatur email Anda secara otomatis. Tapi tahukah Anda bahwa Anda dapat menyesuaikan tab ini? Jika Anda ingin melakukannya, klik ikon perkakas di sudut kanan atas dan pilih Configure inbox dari menu drop down. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan tab baru, seperti updates dan Forum, atau menghapus tab yang tidak Anda sukai atau inginkan. Hal ini adalah bagian kecil dari auto organisation saat Anda merasa terbebani.

See More with The Compact Setting

Saat mengeklik ikon perkakas di sudut kanan atas Gmail, salah satu hal pertama yang akan Anda lihat di menu drop down yang dihasilkan adalah opsi untuk beralih antara mode Cozy, Comfortable, and Compact. Beralih ke mode compact akan memungkinkan Anda untuk melihat lebih banyak informasi email di setiap barisnya. Ini adalah pengaturan yang baik untuk dilakukan, jika Anda ingin memaksimalkan efisiensi dan melihat informasi sebanyak mungkin dalam sekejap.

Take Back An Unfortunate Email

Setiap kali Anda mengirim email di Gmail, Anda akan mendapatkan notice bahwa email Anda telah di kirim. Jika Anda berhasil menangkapnya dengan cepat, Anda akan dapat membatalkan email saat sedang dikirim. Jika sudah terkirim, opsi ini akan berubah dalam Undo Send, yang memungkinkan Anda memperbaiki kesalahan dengan beberapa klik. Jika Anda tidak melihat fitur tersebut, klik ikon perkakas di pojok kanan atas dan pilih Settings dari menu drop down. Kemudian, centang kotak di sebelah Enable Undo Send di bagian Undo Send. Di sini, Anda juga dapat menetapkan periode pembatalan 5, 10, 20, atau 30 detik.

Menggunakan Smart Reply Untuk menghemat Waktu Pada Saat Merespon Email

Dalam versi mobile Gmail, saat ini gmail memiliki fitur yang disebut smart reply. Fitur ini menggunakan beberapa teknologi AI Google yang secara otomatis membuat beberapa tanggapan cepat yang dapat segera Anda kirim. Tanggapan tersebut berkisar dari dasar seperti “Terimakasih!”. Untuk pertanyaan yang lebih kompleks berdasarkan email yang Anda tanggapi. Hal tersebut tidak selalu berhasil, namun untuk tanggapan sederhana, ini dapat membantu Anda dalam menghemat banyak waktu di mobile device Anda.

Save Space with Drive

Jika Anda tidak dapat memasukkan sebuah file di email atau memilih untuk tidak dipusingkan dengan lampiran, maka gunakan Google Drive sebagai gantinya. Setiap compose windows di lengkapi dengan Google Drive, yang memungkinkan Anda untuk melampirkan file Drive dengan cepat dari dalam browser Anda. Ini juga berguna jika Anda harus berbagi file yang tidak tersimpan pada perangkat yang Anda gunakan.

Bersinergi dengan LinkedIn

Salah satu ekstensi besar yang digunakan di dunia bisnis adalah Rapportive, ekstensi Gmail dapat menghubungkan informasi kontak pengirim dengan sosial media, khususnya LinkedIn. Membuka email dari seseorang dengan akun LinkedIn maka tools tersebut akan segera menampilkan informasi profil mereka di sidebar, beserta link ke berbagai akun sosial media mereka. Ini merupakan salah satu tools networking terbaik yang tersedia jika Anda secara teratur menggunakan Gmail.

Sumber:

https://www-digitaltrends-com.cdn.ampproject.org/c/s/www.digitaltrends.com/computing/gmail-tips-and-tricks/amp/

Tempat Bekerja di Masa Depan: Tren, Teknologi dan Evolusi

Tempat bekerja di masa depan adalah mobile fleksibel dan TI insentif. Kemajuan di banyak bidang teknologi telah mereformasi tempat bekerja di masa depan, dan praktek konvensional yang tidak lagi relevan seperti sebelumnya.

Dampaknya adalah satu entitas yang muncul dari perubahan tersebut, dapat mendefinisikan ulang tentang ruang kerja yang apa adanya. Ini terdiri dari jaringan global, orang, tempat, dan program yang menginspirasi, serta menghubungkan dan mengkatalisis dampak semuanya menjadi terkondensasi dalam satu ruang kolaboratif. Apa yang memulai sebagai satu Hub di London pada tahun 2005 yang telah berkembang menjadi jaringan global yang berkembang dengan pesat dan beragam di lebih dari  15.000 anggota di lebih dari 80 lokasi.

Berkaitan dengan tempat bekerja di masa depan, Grace Sai, CEO dan salah satu pendiri dari The Hub Singapore, mengamati bahwa ada tiga tren yang harus diwaspadai. Tren tersebut yaitu:

  1. Kolaboratif masa depan

52 % dari fortune dan 500 perusahaan pada tahun 2000 tidak hadir pada tahun 2016, hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan dan dominasi pasar itu tidak terjamin. Perusahaan menyadari bahwa ada kebijakan dan inovasi di luar organisasi mereka daripada di dalam. Kolaborasi perusahaan start up di Singapura dan seluruh dunia menjadi semakin umum, dan membuat cara kerja kami berubah.

  1. Personal touch dalam digital future

Seiring berkembangnya dunia digital, kita mendambakan lebih personal dan komunal. Koneksi jaringan yang luas dan masif tidak harus sama dengan koneksi yang berarti. Sebagai makhluk sosial, kita masih harus terhubung dan menjadi persen to persen, bukan byte to byte di cloud atau kabel. Begitulah cara bisnis yang selalu dilakukan dan akan terus berlanjut. Teknologi hanya mempercepat dan menyederhanakan proses, dan tingkat keluar akses yang tidak setara terhadap peluang di seluruh dunia.

  1. Masa depan idealis dengan munculnya milenium

Milenium berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Mereka tidak sabar untuk perubahan, dan idealis mereka ingin memiliki serta mencapai semuanya dengan seketika. Dibandingkan generasi sebelumnya, generasi millennium secara khas memiliki lebih banyak teman dari seluruh dunia, dan menyiratkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang lebih besar mengenai isu-isu internasional. Tidak ada pertanyaan bahwa teknologi memfasilitasi pengembangan bakat semacam itu, dan perusahaan harus memanfaatkan sifat-sifat yang diinginkan.

Teknologi dan Tempat Bekerja di Masa Depan

Kemajuan teknologi berusaha untuk merampingkan proses dan prosedur, memigrasikan informasi dengan  cara yang aman, dan menghubungkan personil kunci dari seluruh dunia. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan kolaboratif di tempat bekerja. Untuk bertahan di lingkungan baru ini, organisasi harus maju  dalam metodelogi mereka. Praktik konversi tidak lagi memadai dan harus terus diperbaharui dengan perkembangan terkini di bidang TI yang bertujuan untuk melayani tenaga kerja modern.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu dan mempermudah kemajuan ini adalah Cisco Spark. Cisco Spark adalah platform pesan, pertemuan, panggilan dan konferensi berbasis cloud yang dirancang untuk tempat bekerja di masa depan. Ini merupakan alat yang dapat membantu memenuhi permintaan dan harapan staf yang lebih muda dan selalu aktif serta mobile.

Dengan kolaborasi global tempat bekerja di masa depan, ruang kerja seperti Hub akan mendapatkan keuntungan dari aplikasi seperti Cisco Spark. Dengan bekerja sama dan saling bergantung di 80 negara, teknologi semacam itu akan memungkinkan mereka melakukan bisnis mereka dengan lebih mudah, serta mempromosikan keterkaitan yang dapat meningkatkan kolaborasi melalui jaringan yang luas.

Menurut Grace, konektivitas telah merubah cara kerja mereka dan teknologi seperti Cisco Spark yang mendorong evolusi yang lebih jauh lagi. Hal ini akan meringankan beberapa tantangan seperti menciptakan koneksi  manusia seiring dengan berkembangnya lanskap, serta tantangan baru yang akan muncul.

Evolusi di Tempat Kerja

Tren ini membuktikan bahwa evolusi ruang kerja, transisi dari tempat kerja tradisional ke tempat bekerja di masa depan bukan tanpa komplesitasnya. Pada tantangan tempat bekerja di masa depan, Grace menetapkan bahwa mungkin ada kesulitan dalam mamahami dimanika tenaga kerja yang cepat berubah. Karena 50% di antaranya mungkin tidak mencari hubungan antara atasan dan karyawan seperti yang dimiliki genarasi sebelumnya.

Mereka menginginkan tanggung jawab yang memiliki kebebasan, arus masuk pendapatan yang stabil namun fleksibel seputar pekerjaan mereka. Pengusaha  dan organiasi yang gagal memahami atau memanfaatkan pergeseran ini mungkin akan kalah dalam peperangan  secara gobal.

Sumber:

https://www.networksasia.net/article/future-workplace-trends-technology-and-evolution.1492006739

Mengapa enterpreneur harus menulis di blog?

Potensi wirausaha Indonesia masih sangat luas, dan peluang untuk menjadi wirausaha juga sangat besar. Menurut data BPS di tahun 2016, saat ini kita hanya memiliki wirausaha sejumlah 1.5 juta orang, dibandingkan dengan populasi Indonesia yang sangat besar.

Beragam cara dilakukan pemerintah dan swasta untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. Mulai dari motivasi, hingga pendampingan, semua ini mulai membuahkan hasil. Tetap kita yakini, bahwa seorang wirausaha adalah pribadi pembelajar, yang selalu mempelajari hal baru dan terus menerus.

Oleh karena itu, beragam buku dirilis untuk membantu para calon dan wirausaha yang telah ada. Namun, seringkali kita hanya memperhatikan itu, padahal seharusnya wirausaha juga harus mampu menulis. Dengan menulis, wirausaha menyampaikan ide dan gagasan, serta pandangannya. Dengan menulis, wirausaha semakin menajamkan insting bisnisnya. Semua ini bisa dimulai dengan menulis di dunia Internet dengan bentuk blog.

Bentuk blog bukan hal yang baru, namun tidak semua wirausaha tertarik untuk menulis di blog. Padahal blog merupakan sarana komunikasi dan iklan yang paling ampuh untuk mempromosikan produk dan jasanya. Dan blog sekarang sudah sangat lengkap, bisa berisikan video dan file lainnya. Tapi seringkali sulit dan mengalami kendala. Hal ini dikarenakan beberapa hal berikut.

1. Tidak memiliki tujuan yang jelas. Seringkali dalam berusaha, berbisnis, kita tidak memiliki tujuan yang jelas. Oleh karena itu, wirausaha wajib mendefinisikan dengan jelas tujuan dari usahanya, apa yang akan disampaikan dalam blog. Dan tentu informasi apa yang akan diberikan, dibagikan.

2. Tidak memiliki pengalaman. Ini memang kendala terbesar, tapi apabila tidak segera memulai kapan kita akan bisa menulis di blog. Mulailah dengan tulisan sederhana. Sampaikan banyak hal terkait produk dan jasa yang kita berikan. Dan kuncinya adalah berbagi informasi. Blog yang disukai adalah blog yang memberikan informasi dengan tepat, dan diperlukan oleh banyak orang. Apabila ada kendala, mintalah bantuan orang yang telah menguasai blog, SEO dan konten marketing. Semua ini akan membantu membimbing kita untuk menulis dengan tepat. Pilihlah platform yang tepat. Kita bisa memulai dengan menggunakan blogger yang dimiliki Google, karena ini sangat memiliki kemampuan pencarian yang tinggi. Apabila telah terbiasa, barulah mulai menggunakan platform lain, seperti LinkedIn Pulse.

3. Tidak sabar. Seringkali para pemilik bisnis ingin segera mendapatkan hasil dari tulisan dan blog yang dibuatnya. Padahal tidak akan secepat itu. Saya sendiri telah menulis blog dari tahun 1996, dan dimulai dari hal sederhana. Tapi ingat kata kunci yang senantiasa kita berikan dalam blog kita. Kata kunci ini berkaitan dengan bisnis kita, dengan bidang kita, dengan kemampuan kita. Dan hasil dari blog dalam jangka waktu lama itu akan menjadi database tersendiri di Internet. Dan ini yang akan orang lihat dan cari.

4. Blog tidak terkoneksi ke sosial media. Ini kesalahan lagi. Padahal sekarang ini kita sangat akrab dengan dunia sosial media. Oleh karena itu, pastikan semua tulisan dalam blog anda terkoneksi ke sosial media. Artinya terkoneksi bukan hanya memiliki button sharing, tetapi otomatis terbagi ke sosial media anda. Contoh, blog dalam blogger akan otomatis ke Google+, bisa dibuat share otomatis ke Twitter, dari Twitter ke Facebook. Dalam satu langkah pembuatan artikel akan langsung ke 3 platform sosial media berbeda. Apabila ada gambar, maka bagikan ke Instagram. Apabila artikel padat tulisan, bagikan di LinkedIn. Semua ini saling bertautan, saling update. Nah, bagaimana membuat ini semua ? Kita bisa minta bantuan ahlinya agar semua blog dan artikel kita otomatis terbagi ke berbagai sosial media. Dan ini sangat penting.

5. Takut dikomentari. Dalam membuat blog, baik di blogger ataupun platform lainnya. Kita akan melihat kolom komentar. Kolom ini sangat baik untuk menerima masukan, jadi jangan anti terhadapnya. Dengan adanya kolom ini maka pendapat langsung dari orang lain, baik yang telah menggunakan jasa kita ataupun belum, dapat kita tangkap. Pastikan semua komentar akan kita bisa terima secara langsung. Beberapa blog melengkapi dengan online chat, sehingga bisa langsung dijawab oleh staf terkait.

6. Masalah komitmen menulis. Nah, ini bagian yang paling sulit. Untuk bisa terus menulis dan berbagi, para pebisnis, wirausaha harus meluangkan waktu untuk menulis. Saya sendiri mengelola banyak blog di berbagai platform, dan berusaha memiliki waktu 30 menit di pagi hari untuk berbagi ide dan tulisan. Komitmen menulis ini akan membuat blog kita kaya akan tulisan. Pastikan kita memiliki waktu untuk menulis blog.

Semua hal diatas dapat membuat wirausaha, pebisnis mengoptimalkan potensi dirinya dengan menulis. Menulis dengan blog juga memberikan keuntungan banyak bagi bisnis dan usaha yang digelutinya. Ayo, segera kita menulis. Bila ada kendala, bisa segera menghubungi kami startsmeup@dayaciptamandiri.com. Kami siap membantu membimbing anda membuat blog dan konten marketing perusahaan anda.

Sumber:

https://www.linkedin.com/pulse/mengapa-enterpreneur-harus-menulis-di-blog-fanky-christian?published=t

Social Media dan Konten Marketing : Bagaimana membuat Perencanaan Terpadu

Memikirkan marketing social media Anda yang terpisah dengan konten marketing Anda? Social media dan konten marketing tidak terpisah. Mereka berjalan bersama dan menjadi bagian dalam rencana digital marketing yang terintegrasi. Secara terpisah, kedua strategi ini dapat meningkatkan visibilitas merek dan kesadaran, memperkuat kepercayaan, dan loyalitas serta mendorong konversi. Selain itu, keduanya memiliki dampak yang besar.

Membuat konten yang besar merupaka salah satu bagian dari teka-teki. Jika konten hanya berada di blog Anda, bagaimana orang-orang akan tahu untuk membacanya? Anda membutuhkan strategi distribusi social media yang cerdas untuk dapat berbagi dengan konten Anda di saluran social yang melibatkan audiens Anda.  Hal yang sama juga berlaku untuk social media, ini merupakan suatu yang baik untuk memiliki eksistensi social yang kuat, tetapi tweeting demi tweeting tidak akan membuat Anda jauh. Tujuan yang jelas dibalik semua yang dikatakan di social media.

Social media dan konten marketing akan membantu bisnis Anda mencapai tujuan marketing yang lebih cepat, untuk membangun kesadaran merek, mengendalikan generasi muda menjadi pemimpin atau upselling untuk pelanggan lama.

Berikut ini cara untuk memulainya:

  1. Dimulai dengan single brand voice

kesempatan baik bagi orang-orang yang mengelola akun sosal media Anda, orang yang menulis konten blog Anda. Hal ini berlaku jika Anda bergantung pada tim penulis freelance untuk mendukung pembuatan konten Anda. Sementara tidak ada yang salah dengan setup ini, tetapi ada kelamahan untuk voice brand yang berbeda dalam mengembangkannya. Langkah pertama untuk menyelaraskan social media dan pembuatan konten dalam melakukan inventarisasi usaha Anda saat ini dan membandingkannya dengan merek standar yang ada.

Jika Anda belum memiliki panduan single brand dengan aturan voice dan nada, untuk membuat satu waktu. Maka panduan simple yang fantastis yang diciptakan oleh MailChimp. Untuk mengidentifikasi target audiens Anda  pada semua platform, dan membuat pedoman untuk berbicara dengan merek Anda pada saluran yang berbeda dan membangung single voice brand yang bergerak maju.

  1. Membuat konten dengan berbagi di social

Ketika Anda menulis posting blog, eBook, paper dan lain-lain dan berpikir bagaimana konten ini dapat berbagi di social media. Memiliki copywrite meliputi beberapa saran untuk judul social media yang terhubung dengan posting blog. Memiliki tim tailor social pada headline saluran yang berbeda, seperti LinkedIn company page, Facebook dan Twitter serta menambahkan hashtag yang tepat.

Jangan mengabaikan unsur-unsur lain yang membuat viral konten Anda. Apakah infogaris dapat menemukan beberapa konten dan meningkatkan keterlibatan penonton untuk berbagi di sosal media? Sebuah kutipan provokatif untuk tweet? Bagaimana video tutorial yang singkat untuk posting blog? Ketika Anda mempertimbangkan bagaimana sebuah konten akan dibagikan selama tahap pembuatan, yang lebih mudah untuk memaksimalkan dampak dari sebuah konten.

  1. Menggunakan percakapan sosial untuk mendorong pembuatan konten

Ketika keterlibatan pengguna dan kesadaran merek, konten marketing, dan sodial media bagaikan dua sisi mata uang. Meskipun penting untuk membuat konten dengan konsep berbagi di social, hal tersebut juga penting untuk menarik wawasan dari percakapan social media.

Bagaimana Anda menggunkan informasi untuk mempengaruhi pembuatan konten? Dimulai dengan mengidentifikasi benang umum yang muncul di social media. Klien mungkin menghadapi tantangan yang sama untuk memanfatkan fitur pada produk yang sama dalam menjual atau tidak memahami semua cara layanan yang Anda berikan akan berharga. Benang merah merupakan tantangan baru yang dihadapi oleh industry Anda dan bagaimana peristiwa ini akan berdampak pada strategi bisnis.

Memantau apa yang dikatakan, dan akan memiliki gagasan yang lebih baik mengenai topik audiens Anda untuk menemukannya secara relevan. Ini jauh lebih mudah untuk menghasilkan keterlibatan dan antusiasme konten yang disesuaikan dengan topik audiens Anda, yang akan membahas dan memcoa untuk memulai percakapan dengan merek yang baru.

Sumber: http://blog.21handshake.com/social-media-content-marketing-how-to-create-a-unified-plan

11 Langkah Menentukan Strategi Marketing Untuk Startup Anda

Memiliki strategi marketing merupakan kunci untuk startup Anda atau bisnis agar dapat mencapai target audiens Anda. Menemukan pengguna yang tepat atau pelanggan untuk startup Anda tidak boleh dilakukan secara acak. Anda harus menentukan strategi marketing startup Anda karena dengan mengetahui saluran marketing yang digunakan untuk target Anda maka akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan startup Anda.

Tetapi, bagaimana menentukan strategi marketing?

Saluran marketing yang harus Anda gunakan? Saya akan membantu Anda dalam menentukan strategi marketing startup Anda dengan memberikan Anda strategi marketing yang minimum, yang saya pikir bahwa setiap startup harus memiliki 11 langkah ini.

# 1 Menentukan target Anda

Saya menyarankan Anda untuk menentukan strategi marketing Anda sebelum memulainya. Hal ini tidak harus menjadi rencana marketing jangka panjang tetapi Anda harus mengetahui beberapa elemen penting.

Cobalah untuk membuat profil dari pengguna Anda. Siapa yang akan menjadi pelanggan Anda? Berapa usia mereka? Apa jenis kelamin mereka? Hobi? Lokasi? Tingkah laku? Anda harus mengetahui hal ini akan menentukan posisi market startup Anda untuk dapat memandu merek startup Anda dan mengatur nada pesan Anda.

Untuk menciptakan pembeli Anda, ada 20 pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri ketika mendefinisikan marketing Anda.

“Startup saya tidak memilikin target, semua orang bisa mengunakan produk kami”

Ini adalah sesuatu yang sering saya dengar. Tetapi, Anda tidak perlu berpikir dengan cara ini.  Facebook memiliki 1,7 miliar pengguna aktif. Jika, kita bisa mengatakan bahwa target mereka adalah semua orang. Apakah mereka memulainya seperti ini? Pada awalnya target mereka adalah mahasiswa Harvard. Kemudian mereka mengubah skala untuk universitas lain, guru, maka target mereka akan berkembang tetapi mereka memulainya dari yang kecil. Target Anda harus cukup akurat dan Anda harus siap untuk kasus perubahan target Anda.

Dengan mendefinisikan target, Anda akan memposisikan diri Anda sesuai dengan pesaing Anda.

# 2 Mempelajari market dan pesaingan Anda

Pertanyaan lain yang sering saya dengar dan ini adalah masalah jika Anda berpikir bahwa startup Anda selalu memiliki pesaing, dan jika Anda tidak melakukkanya maka Anda harus mengkhawatirkanya. Tidak memiliki pesaing akan membuktikan bahwa Anda tidak mengetahui market Anda atau Anda tidak memiliki market.

Jika ada persaingan, itu berarti ada market. Tidak sendirian memiliki ide yang dapat mengganggu market biasanya pertanda baik. Menjadi satu-satunya market tidak baik untuk keberhasilan startup Anda. Anda harus memiliki pesaing yang memungkinkan market menjadi lebih popular dan memberikan visibilitas ke market dan startup Anda.

Mengetahui pesaing Anda merupakan pertanda yang baik bagi investor. Jika startup Anda mencari untuk mendapatkan dana, jangan memberitahu investor potensial bahwa Anda tidak memiliki kompetisi. Sangat penting untuk menunjukan bahwa Anda telah mengidentifikasi semua pemain di market Anda. Dan mengatakan kepada investor yang telah diidentifikasi tidak ada pesaing yang mengatakan: Tidak ada yang mengetahui tentang market ini dan tidak ada startup atau bisnis yang ingin memasukkannya. Kemungkinan besar, investor tidak akan percaya kepada Anda atau tidak akan tertarik.

Anda harus mendapatkan keuntungan dari pesaing dengan belajar apa yang berhasil dan tidak berhasil, serta mendapatkan inspirasi dari mereka atau memulai dengan kerjasama strategis.

# 3 Gunakan jaringan Anda

Sangat penting untuk memberitahukan teman-teman atau keluarga Anda terhadap apa yang Anda lakukan. Cobalah untuk menemukan orang-orang yang cocok dengan target Anda. Menjelaskan kepada mereka dan menunjukan kepada mereka tentang produk atau gagasan Anda. Katakan kepada mereka untuk jujur dan mengatakan yang sebenarnya untuk tidak menyakiti perasaan Anda, tetapi penting untuk menguji ide Anda secepat mungkin.

# 4 Mempromosikan website Anda

Saya berharap Anda memiliki sebuah website. Hal ini dibutuhkan agar menjadi lebih baik dan mobile responsive, karena website Anda adala vitrine dari startup Anda. Anda tidak harus menjadi ahli SEO (Search Engine Optimization) dalam mengirimkan website Anda kedalam mesin pencarian. Judul halaman merupakan sesuatu yang penting serta dapat mendeskripsikan meta Anda, kata kunci yang Anda gunakan pada websit Anda dan bagaimana situs Anda terlihat pada browser yang berbeda atau dibagikan di social media.

Untuk strategi SEO secara penuh, Anda harus melingkupi diri Anda dengan orang-orang yang tepat. Namun Anda harus mengetahui bahwa strategi SEO adalah strategi jangka panjang. Menurut Forbes, yang dibutuhkan dalam empat bulan untuk strategi marketing SEO yang baik untuk mulai memberikan hasil. Strategi SEO yang lengkap harus dilakukan oleh para ahli, dan mesin pencarian yang akan mengambil lebih dari 200 faktor untuk membuat peringkat mereka. Hal ini tidak dapat ditangani tanpa pengalaman di dalammnya.

Jadi, jika Anda mulai bekerja pada SEO dan tidak melihat banyak hasil setelah dua atau tiga bulan, jangan berhenti bekerja. SEO adalah startup Anda untuk mendapatkan keberlanjutan tetapi harus disadari bahwa hal tersebut tidak akan membawa hasil yang cepat. Jika Anda ingin hasil yang lebih cepat, maka strategi pertumbuhan hecker yang mungkin cocok.

# 5 Menggunakan 5 offline local marketing

Cara lain untuk mempromosikan website Anda dan startup Anda adalah dengan pegi ke strategi acara local di niche Anda. Startup Anda selalu memikirkan tentang internet marketing tatapi, sedikit yang digunakan dalam marketing offline. Mendefinisikan strategi marketing startup Anda, menggunakan marketing offline. Anda dapat membuka kegiatan startup Anda atau pergi ke pameran dagang yang berhubungan dengan industri Anda. Anda akan dapat mempromosikan startup Anda serta dapat inspirasi dari orang lain, atau bahkan mendapatkan beberapa wawasan dan feedback.

Ini akan membantu Anda dalam mengembangkan jaringan Anda. Pergi ke konferensi dimana Anda akan bertemu dengan para pemimpin atau startuppers dalam jaringan industri Anda. Hal tersebut sangat penting untuk mendapatkan koneksi, dan melihat apa yang orang lain dapat berbagi ide dengan orang-orang di dalam industri Anda. Anda dapat dengan cepat melihat apakah ada permintaan dari market Anda.

# 6 Membuat landing page

Landing page adalah kata berulang di dunia startup dan saya yakin Anda mengetahui apa itu. Tujuan dari landing page adalah untuk menciptakan dan menarik produk Anda serta mengumpulkan lead yang berharga. Dalam rangka mendapatkan lead yang relevan dan berkualitas. Untuk mendefinisikan persona petunjuk penting dalam mengatasi pesan Anda dengan baik.

Pilihlah pesan yang baik dan singkat untuk dapat membuat orang lain ingin mengkilk penawaran Anda. Pesan Anda harus dapat dipahami dengan mudah oleh pengunjung Anda, Setiap kali Anda membuat page baru, Anda memikirkan tentang kata kunci SEO Anda. Tombol CTA (Call-to-Action) harus terlihat dan ditempatkan di lokasi strategis. merek startup Anda harus berada di landing page, warna yang Anda gunakan, logo Anda, font, dan mantra.

# 7 Membangun komunitas Anda di social media

Sulit untuk mengabaikan sosial media saat ini karena alat yang ampuh untuk visibilitas startup Anda. Anda tidak harus menggunakan semua dari mereka, dan berupaya memfokuskan pada orang-orang yang berada di target Anda hal itu yang penting untuk dapat berinteraksi.

Dengan situs yang berjalan dengan baik, serta target landing page untuk mendapatkan lead di social media, startup Anda harus siap untuk memualinya. Jika tidak Anda tidak akan memiliki orang-orang, dan saya sarankan untuk menunda peluncuran startup Anda untuk dapat menempatkannya dalam rangka mempersiapkan komentar atau tweet.

# 8 Membuat Blog

Ada pepatah yang mengatakan” konten adalah raja”.

Jika Anda menanggapi target penonton Anda dengan baik, sebuah blog akan meningkatkan visibilitas startup Anda dan akan mudah untuk berkomunikasi tentang produk Anda.

Tantangan terbesar datang dengan membawa pengguna ke blog Anda, menjaga mereka untuk tertarik dan memastikan mereka untuk dapat berbagi di blog Anda. Blogging benar -benar memiliki efek visual yang dapat digunkan dengan benar. Inilah sebabnya mengapa kualitas adalah raja. Agar orang-orang datang kembali ke blog Anda maka Anda harus berbagi dan berkomunikasi dengan mereka, Anda harus memberikan mereka konten yang relevan serta konten yang mereka suka, yang dianggap menarik, lucu dan mereka akan membagikannya. Posting blog Anda dapat berbentuk tulisan, video, infografis, e-book, wawancara dari salah satu pengguna Anda, atau pertanyaan yang Anda jawab.

Anda harus membuatnya mudah bagi orang-orang untuk navigasi melalui blog atau website. Jika memiliki pembicaraan di blog Anda, Anda ingin menjaga mereka dan menunjukan kepada pembaca Anda terhadap postingan blog Anda, mungkin mereka akan tertarik. Dengan strategi konten marketing jangka panjang, Anda dapat secara signifikan meningkatkan pendapatan startup Anda dengan sebuah blog, saya sarankan Anda untuk mengikuti 10 taktik konten marketing ini untuk blog startup Anda.

# 9 Sosial media optimasi dan merketing

Anda harus membangun komunikasi Anda di social media. Hal ini adalah langkah lain untuk melbatkan di social media yang lebih jauh lagi. Tujuan akan menunjukan konten Anda ke komunitas Anda, mempromosikan produk Anda, berinteraksi dengan follower Anda, serta menjawab pertanyaan mereka. Anda tidak harus menempatkan strategi social media yang rumit pada awalnya, strategi social media yang mudah untuk startup dalam memualinya.

# 10 Strategi email marketing

saya terkejut melihat beberapa startup tidak menggunkan email marketing. Ini merupakan saluran marketing dengan ROI (Return-on-Investment) tertinggi.

Sangat penting bahwa startup anda menciptakan strategi email marketing. Email Anda dapat memberikan kesempatan berbicara secara pribadi dengan pelanggan potensial Anda yang sudah ada. Dengan email, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang kebutuhan mereka dalam menyelesaikan produk atau menawarkan kepada mereka. Untuk mengkonversi lead, email marketing sangat penting. Jika Anda seorang pengusaha startup dan Anda tidak memiliki strategi marketing di tempat, saya sarankan Anda untuk mulai bekerja saat ini.

Ada alat yang dapat membantu Anda dalam email marketing. MailChimp dan MailJet yang diakui dan saya sarankan Anda untuk mengujinya. Anda memiliki berbagai pilihan alat email marketing di disposisi Anda.

Menciptakan kampanye email marketing yang besar adalah suatu keharusan bagi startup Anda untuk mengubah dan mengarah ke penjualan. Ini adalah saluran terbaik untuk melakukannya.

# 11 PR ( Public Realation)

Anda harus mendapatkan PR untuk memulainya. Hal ini bagus tetapi tidak mudah bagi kebanyakan startup. Saya akan memberikan beberapa tips untuk dapat menerbitkanya:

  • Buat daftar: Anda harus membangun sebuah daftar di blogger dalam industri Anda.  Anda harus memiliki nama mereka, email pribadi mereka, LinkedIn dan handle Twitter mereka.
  • Buat siaran pers: Siaran pers Anda harus dipersonalisasi untuk orang yang Anda hubungi, membawa cerita menarik tentang startup Anda, dan menjadi kreatif.
  • Melengkapi media kit: Siaran pers adalah satu hal, yang Anda harus memasangkan logo berkualitas baik dengan gambar yang saya rekomendasikan untuk melampirkan bentuk FAQ.
  • Membangun hubungan: Anda perlu mengetahui bahwa PR adalah membangun hubungan. Anda dapat melakukan PR dengan email, tetapi Anda dapat mengirimkan email pertama atau tweet untuk memperkenalkan diri Anda untuk lebih santai. Saya tidak menyarankan untuk mengirim media kit keluar. Hal ini sangat baik untuk membangun hubungan dengan wartawan atau blogger.

Sumber: http://www.growth-hackers.net/define-a-marketing-strategy-startup/?utm_source=startafire&utm_campaign=recommended_content&utm_medium=mobile&sf=kyejrjo

5 Cara Mempromosikan Peluncuran Produk dengan Pemasaran Influencer

Anda mengetahui bahwa pemasaran influencer merupakan cara yang efektif untuk membangun kesadaran merek, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan konversi.

Tapi apakah Anda tahu bahwa influencer merupakan cara yang ampuh untuk mempromosikan produk baru? Sebuah survei yang dilakukan Nielsen menemukan bahwa 83% konsumen percaya rekomendari dari orang-orang yang mengenal mereka daripada dari iklan. Sangat jelas, bahwa influencer harus dimasukan kedalam rencana peluncuran produk pemasaran Anda.

Berikut adalah 5 cara untuk berhasil mempromosikan peluncuran produk Anda dengan pemasaran influencer:

  1. Memberi Influencer Akses Awal Untuk Review Produk

pemasaran influencer adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesadaran, kesenangan, membangun basis penggemar, dan mengembangkan minat pada produk Anda.

Sangat penting bahwa Anda perlu meluangkan waktu utuk menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan pemasaran dan peluncuran produk Anda. Kemudian memberikan mereka influencer akses awal untuk produk baru atau jasa sebelum peluncuran, dan meminta mereka untuk membantu Anda menyebarkan berita serta menciptakan buzz.

Influencer memiliki kemampuan untuk menambahkan kepercayaan dan kredibilitas serta reputasi Anda, terutama ketika Anda meluncurkan produk baru. Ketika Anda bekerjasama dengan influencer yang tepat, maka mereka dapat membantu Anda menciptakan hubungan yang kuat dengan target pelanggan Anda.

Imbalan untuk akses awal, anda mendapatkan influencer untuk membuat sebuah video unboxing, menulis review produk, atau berbagi umpan balik kepada mereka mengenai produk Anda dengan beberapa cara lain.

Rekomendasi dari sumber terpercaya menjadi strategi pemasaran yang sukses. Influencer memiliki ribuan, bahkan jutaan followers setia yang mempercayai pendapat dan dukungan mereka. Jadi rekomendasi dari influencer di niche Anda adalah cara terbaik untuk memperkenalkan produk baru Anda ke audiens Anda secara relevan.

Sebelum merilis iPhone 7, Apple mengirimkan prototipe untuk melengkapi influencer YouTube seperti Unbox Therapy, yang memiliki lebih dari 6,8 juta pelanggan. Video unboxing saluran perangkat ini menerima lebih dari 7 juta views sebelum peluncuran produk.

  1. Apakah Influencer Berbagi Pengalaman Unik mereka

Agar produk baru Anda sukses Anda perlu membuat kesan pertama yang kuat, dan hubungan dengan target konsumen Anda secara tulus. Beberapa pemasaran yang efektif dan berpengaruh serta dapat dilakukan secara jujur, nyata dan otentik.

Memiliki influencer berbagi pengalaman unik kepada mereka dengan produk dan followers mereka. Memungkinkan mereka untuk melakukan gaya dan suara mereka sendiri. Influencer mengetahui apa jenis konten yang paling diminati oleh audiens mereka. Jadi biarkan mereka untuk melakukan apa yang mereka lakukan itu baik.

Mengirimkan mereka produk Anda, dan meminta mereka untuk membagikan secara jujur, pengalaman yang otentik kepada mereka. Jika Anda memiliki pesan khusus yang ingin Anda sampaikan kepada mereka untuk mengkomunikasikan seperti, detail produk, tanggal peluncuran, harga, dll, pastikan untuk membiarkan mereka mengetahuinya. Kemudian memberikan mereka kebebasan berkreasi untuk berbagi reaksi kepada mereka dengan produk Anda serta audiens mereka dengan cara mereka sendiri.

Kelas dunia pesepak bola, Cristiano Ronaldo memiliki salah satu akun Instagram paling populer, dengan 84.400.000 followers. Dia sering menggunakan platform untuk berbagi gambar yang menakjubkan serta pengalaman pribadinya dengan produk yang dapat mempromosikan mereka dengan cara yang menarik, relevan dan dapat diakses.

Baru-baru ini, dia berbagi foto dirinya menggunakan Sixpad. Dalam keterangannya, dia mengatakan kepada followers bahwa dia membawa peralatan pelatihan ke Jepang bersamanya karena hal itu dapat membatu dia untuk melakukannya dengan baik. Seperti yang Anda lihat di bawah ini, postingan ini mendapatkan labih dari  441K suka, dan 5.200 komentar dalam dua hari pertama.

  1. Apakah mereka Membuat Konten untuk Peluncuran Produk

Banyak influencer yang kreatif dan mereka sudah mengetahui bagaimana membuat konten yang dapat melibatkan audiens mereka. Mengambil keuntungan dari pengalaman mereka, dan memanfaatkan kekuatan dari kreatifitas mereka untuk menciptakan konten peluncuran produk Anda.

MDG Iklan melaporkan bahwa 70% dari pengguna internet lebih memilih untuk mempelajari produk melalui konten bukan melalui iklan tradisional. Bekerjasama dengan influencer untuk membuat video yang dapat menjelaskan, gambar produk, posting blog informatif, atau jenis lain dari konten Anda untuk dapat memastikan bahwa peluncuran produk Anda sukses.

College Inn baru-baru ini bekerjasama dengan ChefsFeed untuk mempromosikan salah satu produk mereka. Makanan dan masakan pada saluran youtube dan membuat video untuk mempromosikannya dengan 4 tips dalam menggunakan produk.

  1. Kontes, Giveaways, dan Kode Promo

Memberikan barang dengan cara terbaik dapat menarik palanggan baru. Bagi sebagian orang, review video, pengalaman pribadi, atau posting blog dari influencer favorit mereka mengenai produk baru Anda, mungkin tidak akan cukup untuk meyakinkan mereka untuk membelinya. Apakah influencer mempromosikan kontes, giveaway, atau kode promo untuk mendorong followers mereka melakukan pembelian.

Menciptakan kesan mendesak dengan meminta influencer menyebutkan kode diskon yang berlaku hanya dalam waktu terbatas. Untuk hadian dan kontes, pastikan influencer menyebutkan batas waktu untuk partisipasinya.

Daniel Wellington, pembuat jam, berhasil menggunakan pemasaran influencer untuk menumbuhkan merek dari  $ 15.000 startup menjadi bisnis berkembang senilai $ 220 juta. Dia bekarjasama dengan influencer instagram, yang akan memposting gambar jam tangannya bersamaan dengan kode diskon 15% off pada produknya.

  1. Email Marketing

Anda mengetahui bahwa email marketing dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkonversi audiens menjadi pelanggan. Tetapi banyak merek yang mengabaikan potensi influencer untuk meningkatkan usaha email marketing mereka, terutama dalam mempromosikan produk baru.

Influencer telah membangun sebuah hubungan yang kuat dengan followers mereka, dengan siapa mereka berkomunikasi secara teratur. Banyak diantara mereka telah membuat daftar email yang besar. Ketika Anda bekerjasama dengan influencer yang relevan dengan niche Anda, daftar email mereka kemungkinan besar akan penuh dengan target palanggan Anda. Jadi mengapa tidak meminta mereka untuk mempromosikan peluncuran produk baru Anda melalui email?

Tetapi, jangan mengirimkan influencer template email yang sama dengan merek Anda untuk digunakan dalam mempromosikan peluncuran produk Anda, dan meminta mereka untuk mengirimkan ke pelanggan mereka. Pastikan semua konten email sesuai untuk audiens pada setiap influencer. Hal ini harus disesuaikan dengan konten email mereka seperti biasanya dalam gaya, nada, dan panjang.

Sebagian besar dari newsletter email mereka,  Anda dapat meminta influencer dan link pada page landing dalam peruncuran produk Anda, atau konten lain yang berkaitan dengan peluncuran, seperti video unboxing video yang menjelaskan, atau posting blog. Jangan lupa untuk menyertakan ajakan untuk bertindak.

Untuk memastikan hal ini sukses dalam mempromosikan produk baru Anda,  maka pastikan bahwa influencer dan produk sesuai. Misalnya A hiker mempromosikan kantong tidur hangat untuk menjelajah gunung itu lebih tepat dari pata hiker mempromosikan raket tenis.

Kesimpulan

Sekarang Anda mengetahui beberapa cara untuk mempromosikan peluncuran produk Anda dengan pemasaran influencer. Jangan lupa untuk mengukur jangkauan, keterlibatan, dan konversi yang dapat mendorong masing-masing influencer Anda untuk dapat menyesuaikan promosi yang cepat  untuk efektivitas yang maksimal dan ROI.

Apakah Anda menggunakan salah satu influencer strategi pemasaran diatas?  Apakah Anda mempunyai ide lebih untuk memanfaatkan kekuatan influencer dalam mempromosikan produk baru? Silahkan berbagi cerita dan komentar Anda dibawah ini. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengintegrasikan influencer ke dalam rencana pemasaran peluncuran produk Anda, jangan ragu untuk menghubungi saya.

Sumber:

5 Ways to Promote a Product Launch with Influencer Marketing

%d blogger menyukai ini: